PENGARUH E-WOM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. TRAVELOGIN UTAMA SEJAHTERA TERDEPAN DENGAN E-TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Putri, Saskiana Amelia (2025) PENGARUH E-WOM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. TRAVELOGIN UTAMA SEJAHTERA TERDEPAN DENGAN E-TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version

Download (972kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] Text (BAB II)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (908kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WOM) terhadap keputusan pembelian pada PT. Travelogin Utama Sejahtera Terdepan dengan Electronic Trust (E-Trust) sebagai variabel intervening. Menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode analisis jalur (path analysis), yang memungkinkan pengujian hubungan langsung dan tidak langsung antar variabel. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada 96 responden yang pernah menggunakan layanan jasa Travelogin Tour and Travel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-WOM berpengaruh signifikan terhadap E-Trust sebesar 55,1%, namun tidak memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Sebaliknya, E-Trust memberi pengaruh langsung yang signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 42,9%. Melalui uji Sobel, ditemukan bahwa E-Trust mampu memediasi secara signifikan hubungan antara E-WOM terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa E-WOM akan lebih efektif memengaruhi keputusan pembelian apabila didukung oleh tingkat kepercayaan konsumen yang tinggi terhadap penyedia jasa. Oleh karena itu, pemecahan masalah yang diusulkan adalah pentingnya membangun kepercayaan digital melalui penyampaian informasi yang kredibel, jujur, dan konsisten di platform online, sebagai strategi pemasaran digital yang efektif. Kata kunci: E-WOM, E-Trust, Keputusan Pembelian, Digital Marketing Pariwisata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: E-WOM, E-Trust, Keputusan Pembelian, Digital Marketing Pariwisata.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Business Administration > Undergraduate Theses
Depositing User: Pustaka Adm Bisnis
Date Deposited: 26 Aug 2025 08:05
Last Modified: 26 Aug 2025 08:05
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/19059

Actions (login required)

View Item View Item