IMPLEMENTASI GAME EDUKASI INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SDN 241 PALEMBANG

Harti, Muhammad Ilham Putra (2025) IMPLEMENTASI GAME EDUKASI INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SDN 241 PALEMBANG. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (916kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang game edukasi interaktif sebagai media pembelajaran Bahasa Inggris bagi siswa kelas IV SDN 241 Palembang. Permasalahan yang diangkat adalah rendahnya minat dan pemahaman siswa terhadap Bahasa Inggris karena metode pembelajaran yang masih bersifat konvensional. Game ini dikembangkan menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC) yang terdiri dari enam tahapan: initiation, pre-production, production, testing, beta, dan release. Game dikembangkan dalam platform Android dengan dua fitur utama, yaitu latihan (vocabulary, grammar, reading, dan listening) serta evaluasi berbentuk kuis. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, studi literatur, dan penyebaran kuesioner kepada ahli media dan ahli materi. Pengujian efektivitas dilakukan melalui pre-test dan post-test terhadap siswa kelas IVB. Hasil validasi ahli media menunjukkan bahwa game termasuk dalam kategori layak, sedangkan hasil pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan skor yang signifikan setelah menggunakan media ini. Selain itu, dilakukan perhitungan effect size dengan nilai Hedges’ g sebesar -1.624 yang termasuk dalam kategori efek sangat besar. Dengan demikian, game edukasi ini terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Bahasa Inggris dan dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang menarik, interaktif, dan sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Bahasa Inggris, GDLC, Media Pembelajaran, Sekolah Dasar, Android
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Digital Multimedia Information Technology > Undergraduate Theses
Depositing User: Pustaka Teknik Komputer
Date Deposited: 11 Sep 2025 04:02
Last Modified: 11 Sep 2025 04:02
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/19703

Actions (login required)

View Item View Item