Harti, Muhammad Ilham Putra (2025) IMPLEMENTASI GAME EDUKASI INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SDN 241 PALEMBANG. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
|
Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version Download (645kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (194kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (168kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (414kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (916kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang game edukasi interaktif sebagai media pembelajaran Bahasa Inggris bagi siswa kelas IV SDN 241 Palembang. Permasalahan yang diangkat adalah rendahnya minat dan pemahaman siswa terhadap Bahasa Inggris karena metode pembelajaran yang masih bersifat konvensional. Game ini dikembangkan menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC) yang terdiri dari enam tahapan: initiation, pre-production, production, testing, beta, dan release. Game dikembangkan dalam platform Android dengan dua fitur utama, yaitu latihan (vocabulary, grammar, reading, dan listening) serta evaluasi berbentuk kuis. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, studi literatur, dan penyebaran kuesioner kepada ahli media dan ahli materi. Pengujian efektivitas dilakukan melalui pre-test dan post-test terhadap siswa kelas IVB. Hasil validasi ahli media menunjukkan bahwa game termasuk dalam kategori layak, sedangkan hasil pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan skor yang signifikan setelah menggunakan media ini. Selain itu, dilakukan perhitungan effect size dengan nilai Hedges’ g sebesar -1.624 yang termasuk dalam kategori efek sangat besar. Dengan demikian, game edukasi ini terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Bahasa Inggris dan dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang menarik, interaktif, dan sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game Edukasi, Bahasa Inggris, GDLC, Media Pembelajaran, Sekolah Dasar, Android |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Digital Multimedia Information Technology > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Pustaka Teknik Komputer |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 04:02 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 04:02 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/19703 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |