Purnamasari, Popy Wulan and Y, Nur Intan Putri Kamelia (2025) ANALISIS HUBUNGAN PENURUNAN MUKA TANAH TERHADAP VOLUME LALU LINTAS PADA RUAS JALAN JENDERAL SUDIRMAN KOTA PALEMBANG MENGGUNAKAN METODE D-InSAR. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (429kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (679kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (680kB) |
|
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (420kB) |
|
![]() |
Text (Lampiran I)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penurunan tanah merupakan salah satu permasalahan geoteknik yang dapat mengganggu stabilitas dan kenyamanan infrastruktur jalan. Penelitian ini dilakukan pada ruas Jalan Jenderal Sudirman, Kota Palembang, yang diketahui mengalami penurunan permukaan tanah dalam beberapa tahun terakhir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi penurunan tanah berdasarkan beban kendaraan yang melintas dan menganalisis hubungan antara keduanya menggunakan pendekatan Differential Interferometric Synthetic Aperture Radar (DInSAR) dan metode forecast linear. Data beban kendaraan diperoleh dari hasil pengolahan Lalu Lintas Harian Rata-rata (LHR) pada tahun 2018, 2020, dan 2024, kemudian dikonversi menjadi total beban tahunan (ton/tahun). Sedangkan data penurunan tanah diperoleh dari pengolahan citra satelit Sentinel-1A dengan metode DInSAR, yang kemudian dirata-ratakan secara long section per lajur jalan. Nilai penurunan tanah yang teridentifikasi adalah sebesar -14,414cm pada tahun 2018, −13,0255 cm pada tahun 2020, dan −7,7472 cm pada tahun 2024. Prediksi untuk tahun 2025 dilakukan menggunakan metode forecast linear, dan diperoleh nilai penurunan sebesar -14,4519 cm berdasarkan beban kendaraan sebesar 48.380.385 ton/tahun. Kata
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penurunan tanah, Jalan Jenderal Sudirman, beban kendaraan, DInSAR |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Design Roads and Bridges > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Pustaka Teknik Sipil |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 02:19 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 02:19 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/20023 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |