IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY MARKERLESS BERBASIS ANDROID UNTUK MATERI KERJA SAMA DUNIA (STUDI KASUS SMP NEGERI 8 PRABUMULIH)

Haryani, Alika (2025) IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY MARKERLESS BERBASIS ANDROID UNTUK MATERI KERJA SAMA DUNIA (STUDI KASUS SMP NEGERI 8 PRABUMULIH). Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text (Cover)
Cover.pdf - Published Version

Download (911kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img] Text (Bab I)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] Text (Bab II)
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (499kB)
[img] Text (Bab II)
BAB III Metodologi Penelitian atau Keadaan Umum.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] Text (Bab IV)
BAB IV Hasil dan Pembahasan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (761kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V Simpulan dan Saran .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (FULL TEXT)
Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan media pembelajaran Augmented Reality (AR) markerless berbasis Android untuk materi Kerja Sama Dunia di kelas IX SMP Negeri 8 Prabumulih. Aplikasi yang dikembangkan bernama Konektar, menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dan diuji melalui Black Box Testing, validasi ahli materi, pengujian performa Augmented Reality dengan metode User Defined Target (UDT), pengukuran efektivitas pembelajaran menggunakan N-Gain Score, serta tingkat usability dengan metode System Usability Scale (SUS). Hasil menunjukkan seluruh fitur berfungsi dengan baik, validasi ahli menyatakan aplikasi sangat layak digunakan, dan performa optimal terjadi pada permukaan bermotif dengan jarak minimal 50 cm serta pencahayaan minimal 100 lux. Peningkatan skor pre-test ke post-test menghasilkan nilai N-Gain sebesar 0,69 (kategori sedang), dan skor SUS sebesar 78,33 menunjukkan bahwa aplikasi tergolong baik. Dengan demikian, Konektar terbukti efektif dan layak digunakan sebagai media pembelajaran berbasis Augmented Reality.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Augmented Reality markerless, Media Pembelajaran, IPS, Black Box, User Defined Target, N-Gain Score, System Usability Scale
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Digital Multimedia Information Technology > Undergraduate Theses
Depositing User: Pustaka Teknik Komputer
Date Deposited: 16 Sep 2025 03:51
Last Modified: 16 Sep 2025 03:51
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/20203

Actions (login required)

View Item View Item