Haryani, Alika (2025) IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY MARKERLESS BERBASIS ANDROID UNTUK MATERI KERJA SAMA DUNIA (STUDI KASUS SMP NEGERI 8 PRABUMULIH). Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
|
Text (Cover)
Cover.pdf - Published Version Download (911kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version Download (202kB) | Preview |
|
![]() |
Text (Bab I)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
|
![]() |
Text (Bab II)
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (499kB) |
|
![]() |
Text (Bab II)
BAB III Metodologi Penelitian atau Keadaan Umum.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (414kB) |
|
![]() |
Text (Bab IV)
BAB IV Hasil dan Pembahasan.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (761kB) |
|
![]() |
Text (Bab V)
BAB V Simpulan dan Saran .pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
|
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
|
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (FULL TEXT)
Fulltext.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan media pembelajaran Augmented Reality (AR) markerless berbasis Android untuk materi Kerja Sama Dunia di kelas IX SMP Negeri 8 Prabumulih. Aplikasi yang dikembangkan bernama Konektar, menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dan diuji melalui Black Box Testing, validasi ahli materi, pengujian performa Augmented Reality dengan metode User Defined Target (UDT), pengukuran efektivitas pembelajaran menggunakan N-Gain Score, serta tingkat usability dengan metode System Usability Scale (SUS). Hasil menunjukkan seluruh fitur berfungsi dengan baik, validasi ahli menyatakan aplikasi sangat layak digunakan, dan performa optimal terjadi pada permukaan bermotif dengan jarak minimal 50 cm serta pencahayaan minimal 100 lux. Peningkatan skor pre-test ke post-test menghasilkan nilai N-Gain sebesar 0,69 (kategori sedang), dan skor SUS sebesar 78,33 menunjukkan bahwa aplikasi tergolong baik. Dengan demikian, Konektar terbukti efektif dan layak digunakan sebagai media pembelajaran berbasis Augmented Reality.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Augmented Reality markerless, Media Pembelajaran, IPS, Black Box, User Defined Target, N-Gain Score, System Usability Scale |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Digital Multimedia Information Technology > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Pustaka Teknik Komputer |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 03:51 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 03:51 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/20203 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |