IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA KELAS 3 (STUDI KASUS : DI SD NEGERI 161 PALEMBANG)

Roselah, Ririn Novelia (2025) IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA KELAS 3 (STUDI KASUS : DI SD NEGERI 161 PALEMBANG). Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img] Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[img] Text (Bab I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] Text (Bab II)
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text (Bab III)
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text (Bab IV)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text (Bab V)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img]
Preview
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
FULL TEXT.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman siswa kelas III SD terhadap materi Matematika, khususnya pada topik pengukuran luas, volume, dan simetri lipat bangun datar, yang disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran konvensional yang kurang menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Android yang dirancang agar sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar dan dapat meningkatkan pemahaman serta minat belajar siswa. Metode yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan enam tahapan, yaitu: concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Pengujian dilakukan melalui validasi oleh ahli materi dan ahli media serta uji coba kepada 30 siswa kelas III-B SD Negeri 161 Palembang menggunakan pre-test dan post-test. Hasil validasi menunjukkan skor 92% dari ahli materi dan 90% dari ahli media, keduanya dalam kategori “Sangat Valid”. Sementara itu, hasil perhitungan N-Gain sebesar 0,78 termasuk kategori “sedang”, yang berarti media ini cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Sebanyak 92% siswa juga menyatakan senang menggunakan media ini. Dengan demikian, media pembelajaran MathFun dinyatakan layak dan cukup efektif digunakan dalam proses pembelajaran matematika kelas III SD. Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Matematika Kelas III SD, Android, MDLC, N-Gain

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Matematika Kelas III SD, Android, MDLC, N-Gain
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Digital Multimedia Information Technology > Undergraduate Theses
Depositing User: Pustaka Teknik Komputer
Date Deposited: 16 Sep 2025 07:59
Last Modified: 16 Sep 2025 07:59
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/20242

Actions (login required)

View Item View Item