Triana, Ayu (2025) DIGITALISASI BUKU ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) MATERI GAYA DAN ENERGI BERBASIS AUDIOBOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAGI SISWA KELAS IV SDN 241 PALEMBANG. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
|
Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (388kB) | Preview |
|
![]() |
Text (Bab I)
BAB 1.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (298kB) |
|
![]() |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (239kB) |
|
![]() |
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
![]() |
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
|
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (305kB) |
|
![]() |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Materi gaya dan energi pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN 241 Palembang merupakan materi yang abstrak dan memerlukan visualisasi yang menarik agar mudah dipahami oleh siswa. Akan tetapi, dalam proses pembelajaran di sekolah tersebut masih terbatas pada penggunaan buku cetak tanpa adanya media pembelajaran lain, sehingga siswa cenderung kesulitan memahami konsep yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis buku audio sebagai alternatif inovatif yang dapat membantu siswa memahami materi secara lebih interaktif dan menarik. Pengembangan media dilakukan dengan metode MDLC (Multimedia Development Live Cycle), dengan validasi kelayakan media pembelajaran oleh ahli materi dan ahli media melalui instrumen berupa angket, serta uji keefektifan melalui pretest dan posttest. Hasil pengujian membuktikan bahwa hasil yang diperoleh dari ahli materi sebesar 93% berada pada kategori “Sangat Valid”. Sedangkan hasil yang diperoleh oleh ahli media yang memberikan penilaian sebesar 81,67%, juga masuk dalam kategori yang sama yaitu (Sangat Valid). Hasil pretest dan posttest sebesar 0,83% berada pada kategori (Efektif). Dapat disimpulkan bahwa media audiobook ini layak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas IV SDN 241 Palembang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Audiobook, IPAS, Gaya dan Energi, Sekolah Dasar, Metode MDLC |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Digital Multimedia Information Technology > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Pustaka Teknik Komputer |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 08:32 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 08:32 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/20296 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |