Rancang Bangun Video Animasi Pembelajaran Sistem Pernapasan Untuk Siswa/Siswi SMP Negeri 38 Palembang

Athari, Muhammad (2025) Rancang Bangun Video Animasi Pembelajaran Sistem Pernapasan Untuk Siswa/Siswi SMP Negeri 38 Palembang. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text (cover)
cover.pdf - Published Version

Download (840kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img] Text (bab I)
bab 1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] Text (bab II)
bab 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (777kB)
[img] Text (bab III)
bab 3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)
[img] Text (bab IV)
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (bab V)
bab 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Lampiran I)
lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran IPA di tingkat SMP, khususnya materi sistem pernapasan, sering dianggap sulit oleh siswa. Hasil survei terhadap 34 siswa kelas 8 menunjukkan bahwa 52% mengalami kesulitan dalam memahami materi tersebut. Hal ini menunjukkan perlunya media pembelajaran yang lebih menarik dan sesuai dengan karakter siswa masa kini. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media video animasi dengan pendekatan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) guna memvisualisasikan konsep sistem pernapasan secara lebih jelas dan naratif. Pembuatan dilakukan melalui enam tahap MDLC: konsep, perancangan, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Produk yang dihasilkan berupa skrip, storyboard dan video animasi yang berdurasi 3 menit 59 detik. Materi disampaikan melalui enam skenario kontekstual yang dekat dengan kehidupan siswa serta diperkuat ilustrasi yang menarik. Hasil uji coba awal menunjukkan peningkatan pada aspek keterbacaan, alur cerita, dan relevansi visual terhadap materi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa video animasi berpotensi menjadi media pembelajaran yang efektif, adaptif, dan mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi sistem pernapasan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: IPA, MDLC, Animasi, Script, Storyboard
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Digital Multimedia Information Technology > Undergraduate Theses
Depositing User: Pustaka Teknik Komputer
Date Deposited: 13 Oct 2025 04:36
Last Modified: 13 Oct 2025 04:36
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/20412

Actions (login required)

View Item View Item