Athari, Muhammad (2025) Rancang Bangun Video Animasi Pembelajaran Sistem Pernapasan Untuk Siswa/Siswi SMP Negeri 38 Palembang. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
|
Text (cover)
cover.pdf - Published Version Download (840kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version Download (189kB) | Preview |
|
![]() |
Text (bab I)
bab 1.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (211kB) |
|
![]() |
Text (bab II)
bab 2.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (777kB) |
|
![]() |
Text (bab III)
bab 3.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (612kB) |
|
![]() |
Text (bab IV)
bab 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (bab V)
bab 5.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
|
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
|
|
Text
lampiran.pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text (Lampiran I)
lampiran.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pembelajaran IPA di tingkat SMP, khususnya materi sistem pernapasan, sering dianggap sulit oleh siswa. Hasil survei terhadap 34 siswa kelas 8 menunjukkan bahwa 52% mengalami kesulitan dalam memahami materi tersebut. Hal ini menunjukkan perlunya media pembelajaran yang lebih menarik dan sesuai dengan karakter siswa masa kini. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media video animasi dengan pendekatan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) guna memvisualisasikan konsep sistem pernapasan secara lebih jelas dan naratif. Pembuatan dilakukan melalui enam tahap MDLC: konsep, perancangan, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Produk yang dihasilkan berupa skrip, storyboard dan video animasi yang berdurasi 3 menit 59 detik. Materi disampaikan melalui enam skenario kontekstual yang dekat dengan kehidupan siswa serta diperkuat ilustrasi yang menarik. Hasil uji coba awal menunjukkan peningkatan pada aspek keterbacaan, alur cerita, dan relevansi visual terhadap materi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa video animasi berpotensi menjadi media pembelajaran yang efektif, adaptif, dan mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi sistem pernapasan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | IPA, MDLC, Animasi, Script, Storyboard |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Digital Multimedia Information Technology > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Pustaka Teknik Komputer |
Date Deposited: | 13 Oct 2025 04:36 |
Last Modified: | 13 Oct 2025 04:36 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/20412 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |