IMPLEMENTASI VIRTUAL REALITY UNTUK PENGENALAN MUSEUM BALA PUTRA DEWA SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF BERBASIS MOBILE

Putra, Muhammad Rangga Al Yendra (2025) IMPLEMENTASI VIRTUAL REALITY UNTUK PENGENALAN MUSEUM BALA PUTRA DEWA SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF BERBASIS MOBILE. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (586kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)
[img] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)
[img] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (632kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Sebagai sarana pelestarian budaya, museum balaputra dewa menghadapi tantangan untuk menarik perhatian generasi muda yang lebih terbiasa dengan teknologi modern. Tingkat kunjungan dan keterlibatan museum tradisional yang rendah menjadikan penelitian ini sangat penting. Untuk memberi pengunjung Museum Bala Putra Dewa pengalaman eksplorasi yang imersif dan interaktif, penelitian ini mengembangkan aplikasi Virtual Reality berbasis mobile. Metode yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahap, yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Pengujian menggunakan System Usability Scale (SUS) untuk menilai kemudahan penggunaan dan kepuasan pengguna. Hasil pengujian terhadap 41 responden menghasilkan nilai rata-rata SUS sebesar 73,78 yang menunjukkan bahwa aplikasi memiliki tingkat usability yang baik. Aplikasi ini mampu menyajikan koleksi artefak secara visual 3D, menyediakan interaksi berbasis tatapan (gaze), serta panduan narasi audio, yang secara signifikan meningkatkan daya tarik museum. Penelitian ini menunjukkan bahwa VR tidak hanya mampu memperkenalkan sejarah dan budaya secara efektif, tetapi juga memperluas akses informasi kepada masyarakat luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Virtual Reality, Museum, MDLC, Interaktif, Usability
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Digital Multimedia Information Technology > Undergraduate Theses
Depositing User: Pustaka Teknik Komputer
Date Deposited: 03 Oct 2025 08:21
Last Modified: 03 Oct 2025 08:21
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/20604

Actions (login required)

View Item View Item