Putra, Muhammad Rangga Al Yendra (2025) IMPLEMENTASI VIRTUAL REALITY UNTUK PENGENALAN MUSEUM BALA PUTRA DEWA SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF BERBASIS MOBILE. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
|
Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (586kB) |
|
![]() |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (288kB) |
|
![]() |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (436kB) |
|
![]() |
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (618kB) |
|
![]() |
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (632kB) |
|
![]() |
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (284kB) |
|
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (245kB) |
|
![]() |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Sebagai sarana pelestarian budaya, museum balaputra dewa menghadapi tantangan untuk menarik perhatian generasi muda yang lebih terbiasa dengan teknologi modern. Tingkat kunjungan dan keterlibatan museum tradisional yang rendah menjadikan penelitian ini sangat penting. Untuk memberi pengunjung Museum Bala Putra Dewa pengalaman eksplorasi yang imersif dan interaktif, penelitian ini mengembangkan aplikasi Virtual Reality berbasis mobile. Metode yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahap, yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Pengujian menggunakan System Usability Scale (SUS) untuk menilai kemudahan penggunaan dan kepuasan pengguna. Hasil pengujian terhadap 41 responden menghasilkan nilai rata-rata SUS sebesar 73,78 yang menunjukkan bahwa aplikasi memiliki tingkat usability yang baik. Aplikasi ini mampu menyajikan koleksi artefak secara visual 3D, menyediakan interaksi berbasis tatapan (gaze), serta panduan narasi audio, yang secara signifikan meningkatkan daya tarik museum. Penelitian ini menunjukkan bahwa VR tidak hanya mampu memperkenalkan sejarah dan budaya secara efektif, tetapi juga memperluas akses informasi kepada masyarakat luas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Virtual Reality, Museum, MDLC, Interaktif, Usability |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Digital Multimedia Information Technology > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Pustaka Teknik Komputer |
Date Deposited: | 03 Oct 2025 08:21 |
Last Modified: | 03 Oct 2025 08:21 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/20604 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |