PENGEMBANGAN PERMAINAN DIGITAL ‘CUKI’ SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN BUDAYA PALEMBANG DENGAN IMPLEMENTASI ALGORITMA MINIMAX

Yusuf, Amir (2025) PENGEMBANGAN PERMAINAN DIGITAL ‘CUKI’ SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN BUDAYA PALEMBANG DENGAN IMPLEMENTASI ALGORITMA MINIMAX. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
ASBTRAK.pdf - Published Version

Download (229kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan digital berjudul “Cuki Go!” sebagai media pelestarian budaya lokal Palembang dengan mengadaptasi permainan papan tradisional Cuki ke dalam bentuk aplikasi digital interaktif. Metode pengembangan yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC), dan algoritma Minimax diterapkan untuk mengatur strategi kecerdasan buatan pada mode permainan melawan komputer. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur sejarah dan cara bermain, mode multipemain lokal, serta mode VS komputer dengan dua tingkat kesulitan. Hasil akhir menunjukkan bahwa aplikasi ini berjalan sesuai fungsinya berdasarkan pengujian Black Box, serta akurat dalam pengambilan keputusan strategis berdasarkan pengujian algoritma Minimax. Desain antarmuka yang menarik dan edukatif juga memperkuat nilai budaya dalam permainan ini. Dengan demikian, “Cuki Go!” tidak hanya memberikan pengalaman bermain yang strategis dan menyenangkan, tetapi juga mampu memperkenalkan kembali budaya Palembang kepada generasi muda secara modern dan digital.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : permainan tradisional, digitalisasi, budaya Palembang, algoritma Minimax, adaptasi, game strategi
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Computer Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Pustaka Teknik Komputer
Date Deposited: 10 Oct 2025 02:51
Last Modified: 10 Oct 2025 02:52
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/20828

Actions (login required)

View Item View Item