Yusuf, Amir (2025) PENGEMBANGAN PERMAINAN DIGITAL ‘CUKI’ SEBAGAI UPAYA PELESTARIAN BUDAYA PALEMBANG DENGAN IMPLEMENTASI ALGORITMA MINIMAX. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
![]() |
Text (COVER)
COVER.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
ASBTRAK.pdf - Published Version Download (229kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (410kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text (FULL TEXT)
FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan digital berjudul “Cuki Go!” sebagai media pelestarian budaya lokal Palembang dengan mengadaptasi permainan papan tradisional Cuki ke dalam bentuk aplikasi digital interaktif. Metode pengembangan yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC), dan algoritma Minimax diterapkan untuk mengatur strategi kecerdasan buatan pada mode permainan melawan komputer. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur sejarah dan cara bermain, mode multipemain lokal, serta mode VS komputer dengan dua tingkat kesulitan. Hasil akhir menunjukkan bahwa aplikasi ini berjalan sesuai fungsinya berdasarkan pengujian Black Box, serta akurat dalam pengambilan keputusan strategis berdasarkan pengujian algoritma Minimax. Desain antarmuka yang menarik dan edukatif juga memperkuat nilai budaya dalam permainan ini. Dengan demikian, “Cuki Go!” tidak hanya memberikan pengalaman bermain yang strategis dan menyenangkan, tetapi juga mampu memperkenalkan kembali budaya Palembang kepada generasi muda secara modern dan digital.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : permainan tradisional, digitalisasi, budaya Palembang, algoritma Minimax, adaptasi, game strategi |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Computer Engineering > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Pustaka Teknik Komputer |
Date Deposited: | 10 Oct 2025 02:51 |
Last Modified: | 10 Oct 2025 02:52 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/20828 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |