Putra, Rizky Ananda Syah (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI 3D PRINSIP CARA KERJA KAMERA PADA MATA PELAJARAN FOTOGRAFI SMK NEGERI 1 PRABUMULIH. Diploma thesis, Poiliteknik Negeri Sriwijaya.
|
Text (Cover)
Cover.pdf - Published Version Download (458kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version Download (136kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
||
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (762kB) |
||
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (383kB) |
||
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
||
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
||
|
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (283kB) |
||
|
Text (FULL TEXT)
FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Permasalahan utama dalam pembelajaran fotografi di SMK Negeri 1 Prabumulih Adalah metode konvensional yang mengandalkan gambar statis, menyebabkan siswa kesulitan memahami prinsip kerja kamera secara visual dan mengakibatkan kebosanan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbasis video animasi 3D untuk memvisualisasikan prinsip kerja kamera analog dan mirrorless. Pengembangan menggunakan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Teknologi yang digunakan adalah Blender untuk pemodelan dan animasi 3D, serta Capcut untuk editing video dan audio. Hasil validasi menunjukkan media ini sangat layak menurut Ahli Media (86%) dan Ahli Materi (89%). Uji efektivitas melalui paired sample t-test pada 33 siswa menghasilkan nilai signifikansi (p) < 0,001 dan mean difference 23,0, membuktikan adanya peningkatan pemahaman siswa yang signifikan. Simpulannya, media video animasi 3D ini layak dan efektif digunakan sebagai alat bantu pembelajaran prinsip kerja kamera.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Media Pembelajaran, Video Animasi 3D, Prinsip Kerja Kamera, ADDIE. |
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | Digital Multimedia Information Technology > Undergraduate Theses |
| Depositing User: | Pustaka Teknik Komputer |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 08:30 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 08:30 |
| URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/21113 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
