Juni Saputra, Andyka and Adinata, Wisnu (2019) PENGARUH PENAMBAHAN LIMBAH PLASTIK HDPE (HIGH DENSITY POLYETHYLENE) DALAM ASPAL PADA CAMPURAN LASTON (AC-BC) TERHADAP KARAKTERISRIK MARSHALL. Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
|
Text (COVER)
(Cover,Lembar pengesahan,kata pengantar,abstrak,moto,daftar isi).pdf Download (564kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
BAB 3 41-48.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV HASIL PENGUJIAN DAN ANALISIS DATA)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (711kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Download (283kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Aspal adalah bahan pengikat campuran beraspal dan merupakan faktor utama yang mempengaruhi kinerja campuran beraspal. Ada beberapa usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan sifat-sifat fisik aspal sebagai bahan pengikat untuk menghasilkan suatu bahan campuran jalan yang lebih kuat. Salah satu cara mencegah terjadinya kerusakan dini pada perkerasan jalan akibat beban muatan dan pengaruh air adalah dengan meningkatkan mutu aspal sebagai bahan pengikat dari agregat. Cara yang sering digunakan untuk menaikkan mutu aspal adalah dengan menambah bahan aditif, salah satunya seperti plastik atau dikenal dengan aspal modifikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana pengaruh dari pemanfaatan limbah plastik HDPE sebagai bahan tambah dalam aspal pada Laston AC-BC serta menganalisa kinerja Laston AC-BC diukur dari nilai karakteristik Marshall dengan persentase penambahan sebesar 0%, 2%, 4%, 6%, 8% limbah plastik dalam aspal pada Laston AC-BC. Jumlah benda uji yang dibuat pada penelitian ini adalah 55 sampel. Berdasarkan dari hasil pengujian yang dilakukan bahwa penggunaan limbah plastik HDPE (High Density Polyethylene). ditinjau dari karakteristik Marshall seperti VFA, VMA, VIM, Stabilitas, Flow serta MQ, maka didapatkan hasil bahwa nilai VFA, VIM, MQ dan Stabilitas dapat memenuhi standar persyaratan menurut spesifikasi Umum Bina Marga tahun 2010 Divisi 6 revisi 3. Sedangkan nilai VMA tidak memenuhi Standar Persyaratan karena tidak mencapai batas minimum nilai yang disyaratkan yakni 14% pada Spesifikasi Umum Bina Marga tahun 2010 Divisi 6 revisi 3 dan begitu juga nilai flow yang melebihi batas maksimal yang disyaratkan yakni maksimum 4 mm. Berdasarkan hasil pengujian didapatkan hasil bahwa nilai VFA maksimum pada suhu 80oc dengan persentase 4% sebesar 79,000%, nilai VIM maksimum pada suhu 60oc dengan persentase 4% sebesar 4,600%, nilai VMA maksimum pada suhu 60oc dengan persentase 8% sebesar 14,150%, nilai stabilitas maksimum pada suhu 60oc dengan persentase 3,8% sebesar 1440,000 kg, dan nilai flow maksimum pada suhu 80oc dengan persentase 4% sebesar 4,400 mm. Serta nilai maksimum MQ pada suhu 60oc dengan nilai sebesar 310,100 kg/mm terletak pad persentase plastik 2%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Asphalt Concrete Binder Course (AC-BC), Limbah plastik HDPE (High Density Polyethylene), Aspal |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Civil Engineering > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Mr Bambang Anthony |
Date Deposited: | 04 Jul 2021 14:42 |
Last Modified: | 04 Jul 2021 14:42 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/6750 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |