PERANCANGAN JEMBATAN BETON PRATEGANG AIR OGAN PADA PIER 5 SAMPAI ABUTMEN 2 ARAH KAYU AGUNG KABUPATEN OGAN ILIR SUMATERA SELATAN

AYU PUTRI, ANANDA and SARI WAHYUNI, INDAH and FADHILAH, NADIA CHUSNUL (2019) PERANCANGAN JEMBATAN BETON PRATEGANG AIR OGAN PADA PIER 5 SAMPAI ABUTMEN 2 ARAH KAYU AGUNG KABUPATEN OGAN ILIR SUMATERA SELATAN. Other thesis, POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA.

[img] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf

Download (202kB)
[img] Text (BAB II LANDASAN TEORI)
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB III PERHITUNGAN STRUKTUR)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV PEMBAHASAN)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V.pdf

Download (190kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf

Download (5kB)

Abstract

Jembatan ogan adalah salah satu jembatan yang berada di Tanjung Raja, Ogan Ilir. Dalam rangka meminimalisir kerusakan pada jembatan, maka Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina Marga melalui Pembangunan Jalan Jembatan, Bagian Pelaksana Kegiatan Pembangunan Jalan Nasional V, Provinsi Sumatera Selatan melakukan perancangan pada Jembatan Air Ogan, Kabupaten Ogan Ilir. Panjang Jembatan Air Ogan yaitu 213,080 m yang terdiri atas 6 bentang dan terdapat 5 pilar serta 2 abutmen. Berdasarkan klasifikasi jalan fungsional, jalan yang menghubungkan Jembatan Air Ogan termasuk jalan arteri dan klasifikasi jalan berdasarkan administrasi pemerintah termasuk jalan nasional, sedangkan pengelompokkan jalan menurut muatan sumbu/ kelas termasuk kedalam (kelas II) dengan muatan sumbu terberat yang diizinkan 10 ton. Perancangan Jembatan Air Ogan ini dimaksudkan untuk memudahkan akses kendaraan dari Kabupaten Ogan Ilir menuju ke arah Palembangsehingga proses distribusi dapat berjalan lancar. Struktur utama dari jembatan ini adalah berupa Balok Prategang I. Untuk pelat lantai menggunakan konstruksi beton bertulang dengan metode insitu (cor di tempat). Berdasarkan hasil pengujian SPT tanah keras berada pada kedalaman 35 meter, untuk itu digunakan pondasi tiang pancang. Perencanaan jembatan ogan ini mengacu kepada RSNI T-02-2005 (Peraturan Pembebanan untuk Jembatan) dan RSNI T-12-2004 (Perencanaan Stuktur Beton untuk Jembatan. Dari perhitungan pilar 5 sampai abutmen 2 jembatan ogan ini membutuhkak biaya sebesar Rp. 7.585.400.000,00 dengan waktu pembangunan 257 hari kerja.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Transportasi, Jembatan, Beton Prategang
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Civil Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 12 Jul 2021 07:23
Last Modified: 12 Jul 2021 07:23
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/6773

Actions (login required)

View Item View Item