PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT WASPADA BERITA HOAX BERBASIS ANIMASI

Siregar, Syaiful Anwar (2019) PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT WASPADA BERITA HOAX BERBASIS ANIMASI. Other thesis, POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA.

[img] Text (Cover)
01. Cover, Pengesahan, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
02. BAB I.pdf

Download (106kB)
[img] Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
03. BAB II.pdf

Download (219kB)
[img] Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
04. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
05. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
06. BAB V.pdf

Download (86kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07. Daftar Pustaka.pdf

Download (109kB)
[img] Text
Storyboard.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hoax merupakan berita bohong atau tidak sesuai dengan kenyataan untuk membentuk opini publik yang menyebabkan kehebohan di masyarakat dan apabila tidak segera ditangani, akan menjadi bom waktu yang berbahaya bagi kelangsungan dan ketenteraman masyarakat. Untuk itu, dalam penelitian ini motion graphic digunakan untuk memberikan informasi dan mengedukasi masyarakat agar lebih waspada pada berita hoax dengan sarana penyampaian informasi yang berbeda sehingga lebih menarik untuk ditonton. Video iklan layananan masyarakat berbasis animasi ini berisi tentang ciri-ciri berita berita hoax , dampak berita hoax serta cara menanggulanginya. Metode pengembangan multimedia yang dipakai pada penelitian ini adalah metode Villamil Molina (Pengembangan, Praproduksi, Produksi, Pascaproduksi, Pengiriman). Penelitian ini dibagi menjadi 2 tahap pengujian, pertama pengujian secara teknik yaitu untuk menguji apakah animasi itu sudah berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan dan pengujian terhadap responden untuk mengetahui apakah video iklan layanan masyarakat ini mampu mengedukasi masyarakat agar lebih waspada pada berita hoax. Hasil penilitian terhadap responden menunjukkan bahwa video iklan layanan masyarakat dengan pendekatan motion graphic ini lebih mudah dimengerti serta mampu mengedukasi agar masyarakat lebih waspada terhadap berita hoax karena memaparkan data-data dengan dihiasi grafis dan audio yang menarik sehingga lebih cepat dicerna oleh penonton, terlihat dari hasil kuisioner sebesar 87.5% dariresponden.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Berita Hoax, Motion graphic, Iklan layanan masyarakat, Metode Villamil Molina
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Computer Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 24 Feb 2020 04:28
Last Modified: 24 Feb 2020 04:28
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/6799

Actions (login required)

View Item View Item