ANALISIS PELAYANAN BUS RAPID TRANSIT TRANS MUSI KORIDOR II SAKO – PIM DI KOTA PALEMBANG

Al Fayed, M. Adip Dody and Maharani, Maretha Dwi (2021) ANALISIS PELAYANAN BUS RAPID TRANSIT TRANS MUSI KORIDOR II SAKO – PIM DI KOTA PALEMBANG. Other thesis, POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA.

[img]
Preview
Text (Cover)
pendahuluan LA ttd acc.pdf

Download (932kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I LA.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II LA.pdf

Download (470kB) | Preview
[img] Text
BAB III LA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (881kB)
[img] Text
BAB IV LA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB V LA.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (288kB) | Preview

Abstract

Salah satu moda angkutan umum yang digunakan oleh pemerintah Kota Palembang untuk melayani kebutuhan masyarakatnya adalah Bus Rapid Transit (BRT). Bus Rapid Transit merupakan salah satu moda angkutan umum yang juga memegang peranan yang sangat penting dan strategis dalam pembangunan kota. Oleh karena itu dilakukan survei tentang pelayanan pada Trans Musi apakah sesuai dengan ketentuan dan dapat memberikan solusi dari permasalahan yang ada. Penelitian ini dilakukan pada koridor II Sako – PIM.Koridor ini dipilih karena banyak penumpang yang membutuhkan pelayanan angkutan umumuntuk menunjang aktivitas sehari-hari mereka. Pengamatan dilakukan di terminal dan di dalam bus Trans Musi dengan menghitung jumlah kendaraan,waktu keberangkatan, waktu tiba di halte, waktu pelayanan, jumlah penumpang dan jumlah kapasitas bus. Hasil penelitian diperoleh bahwa headway rata-rata sebesar 16 menit 21 detik, waktu perjalanan rata-rata sebesar 1 jam 58 menit 09 detik, waktu isi rata-rata sebesar 4 menit 53 detik, jumlah penumpang rata-rata 65 penumpang/kendaraan, dan load factor sebesar 83%. Dari analisis pelayanan bus diperoleh persamaan linear, y=-0,0003x2 + 0,3341x + 8,7785. Dapat disimpulkan bahwa semakin besar waktu isi maka load factor akan semakin naik. Load factor dan waktu isi tidak memenuhi standar pelayanan angkutan umum. Nilai waktu isi terlalu lama sehingga perlu di perkecil waktu isinya dengan penambahan jumlah armada bus agar jumlah penumpang sesuai dengan kapasitas.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Bus Rapid Transit, Trans Musi, headway, load factor, waktu isi Kata kunci: Bus Rapid Transit, Trans Musi, headway, load factor, waktu isi
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Civil Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 24 Aug 2021 00:54
Last Modified: 24 Aug 2021 00:54
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/8518

Actions (login required)

View Item View Item