ANALISIS TINGKAT KERUSAKAN JALAN DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX(PCI) PADA RUAS JALAN SUNGAI PINANG STA 9+400 – 11+700 KABUPATEN BANYUASIN SUMATERA SELATAN

RIDWAN, M. FAUZY and KURNIAWAN, ANDRI (2021) ANALISIS TINGKAT KERUSAKAN JALAN DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX(PCI) PADA RUAS JALAN SUNGAI PINANG STA 9+400 – 11+700 KABUPATEN BANYUASIN SUMATERA SELATAN. Other thesis, POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA.

[img]
Preview
Text (Cover)
FILE I.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
FILE II.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 2)
FILE III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Bab 3)
FILE IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 4)
FILE V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (Bab 5)
FILE VI.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
FILE VII.pdf

Download (295kB) | Preview

Abstract

Prasarana transportasi adalah prasarana yang disiapkan untuk menunjang angkutan orang, barang dan jasa dengan menggunakan moda transportasi tertentu. Oleh karena itu diperlukan suatu pelayanan transportasi yang efektif dan efisien. Salah satu prasarana transportasi darat yang penting adalah jalan raya. Prasarana jalan yang terbebani oleh volume lalu lintas yang tinggi dan berulang-ulang menyebabkan lapisan perkerasan jalan akan mengalami penurunan tingkat pelayanan. Salah satu jalan yang mengalami penurunan tersebut dan menjadi objek lokasi penelitian yang dipilih yakni, Jalan Sungai Pinang Kabupaten Banyuasin dari STA 9+400 – 11+700 akibat rusaknya beberapa komponen jalan yang menghambat kelancaran transportasi yang berlalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis dan tingkat kerusakan jalan serta nilai kondisi perkerasan jalan sehingga dapat menentukan cara jenis penanganannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Pavement Condition Index (PCI). Dimana dari metode tersebut setelah dianalisis terdapat jenis-jenis dan tingkat kerusakan jalan yaitu Retak Kulit Buaya 1,009 %, Retak Blok 0,18 %, Jembul & Penurunan 0,4 %, Depresi 1,036 %, Retak Tepi 0,109 %, Retak Memanjang & Melintang 0,837 %, Lubang 0,48 %, Retak Slip 0,032 % dan Pelapukan/Pelepasan Butir 0,038 %. Lalu didapat juga nilai PCI rata-rata sebesar 65,8dengan kategori sedang (fair) yang berarti perlu dilakukan Peningkatan Struktual.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : kerusakan jalan, jenis kerusakan, PCI
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Civil Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 24 Aug 2021 01:06
Last Modified: 24 Aug 2021 01:06
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/8537

Actions (login required)

View Item View Item