PERANCANGAN PERKERASAN KAKU PADA RUAS JALAN KARANGGONGSO – KLATAK STA 5+000 – 10+295,65 PROVINSI JAWA TIMUR

Fahrezi, Muhamad and Pratama, Pradipta Supraba (2020) PERANCANGAN PERKERASAN KAKU PADA RUAS JALAN KARANGGONGSO – KLATAK STA 5+000 – 10+295,65 PROVINSI JAWA TIMUR. Other thesis, POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA.

[img] Text
File I - Cover.pdf

Download (270kB)
[img] Text
File II - BAB I.pdf

Download (298kB)
[img] Text
File III - BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
File IV - Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
File V - BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
File VI - BAB V.pdf

Download (114kB)
[img] Text
File VII - Daftar Pustaka.pdf

Download (89kB)

Abstract

Beragamnya kebutuhan manusia seiring perkembangan teknologi menyebabkan manusia membutuhkan suatu media dalam pergerakannya. Pembangunan jalan merupakan salah satu bentuk usaha pemerintah dalam memudahkan masyarakat di Indonesia untuk bisa melakukan mobilitas mereka baik dalam hal ekonomi maupun sosial dengan baik dan cepat.Skripsi ini membahas perancangan pada ruas Jalan Karanggongso – Klatak STA 5+000 sampai STA 10+295,65. Pada skripsi ini desain perancangan jalan didasarkan pada volume kendaraan, kelas jalan, medan jalan dan beban lalu lintas kendaraan yang meliputi perhitungan alinyemen horizontal, alinyemen vertikal, perhitungan tebal perkerasan dan bangunan pelengkap berdasarkan kriteria standar yang dikeluarkan oleh Dirjen Bina Marga. Dalam perencanaan jalan Karanggongso - Klatak penulis mendesain perancangan dengan panjang total 5,295 km, lebar perkerasan jalan 7,0 m dan bahu jalan 1,5 m. Berdasarkan perhitungan, pada ruas jalan Karanggongso – Klatak dapat digolongkan sebagai jalan Kolektor kelas II B pada medan perbukitan dengan 6 buah tikungan yaitu 2 Full Circle (FC), 2 Spiral - Circle - Spiral (SCS) dan 2 Spiral - Spiral (SS) dan perkerasan yang digunakan merupakan perkerasan kaku dengan ketebalan 26 cm, sedangkan lapis pondasi bawah menggunakan lapis pondasi beton kurus dengan tebal 10 cm dan agregat kelas A dengan tebal 15 cm. Berdasarkan perhitungan didapatkan biaya yang dibutuhkan pada perancangan jalan ini yaitu Rp46,493,500,000.00 (Empat Puluh Enam Miliar Empat Ratus Sembilan Puluh Tiga Juta Lima Ratus Ribu Rupiah) dengan waktu pelaksanaan 142 hari kerja.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Jalan, Perancangan Geometrik, Tebal Perkerasan Kaku
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Civil Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 17 Sep 2021 01:44
Last Modified: 17 Sep 2021 01:44
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/9619

Actions (login required)

View Item View Item