PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PELAJARAN HUKUM TAJWID

Fudlla ‘Aini, Athiyyah (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PELAJARAN HUKUM TAJWID. Other thesis, POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA.

[img]
Preview
Text
1. Cover - Daftar Lampiran.pdf

Download (956kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2. BAB I.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
3. BAB II.pdf

Download (759kB) | Preview
[img] Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (821kB)
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
6. BAB V.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. Daftar Pustaka.pdf

Download (358kB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan negeri mayoritas muslim, sehingga sejak dini sudah mulai diajarkan Ilmu Agama salah satunya Ilmu Tajwid. Namun kesibukan sehari-hari mengakibatkan berkurangnya intensitas waktu untuk belajar (hukum tajwid) baik bagi anak yang fullday school maupun orang tua yang sibuk bekerja mencari nafkah. Untuk itu penulis memiliki tujuan untuk mengembangkan sabuah aplikasi media pembelajaran hukum tajwid untuk memudahkan anak-anak dan orang tua untuk belajar (hukum tajwid) dimanapun dan kapanpun. Pada media pembelajaran ini, upaya pendistribusian dilakukan dengan cara dijadikan sebuah aplikasi yang bisa di instal pada smartphone android sehingga lebih mudah di akses dan digunakan oleh masyarakat. Selain itu juga dilakukan penelitian terhadap keberhasilan media pembelajaran ini melalui 2 aspek, yaitu aspek daya tarik dan kualitas media pembelajaran yang dinilai oleh para ahli bidang animasi/media pembelajaran, serta aspek kualitas isi materi media pembelajaran yang dinilai oleh masyarakat. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan menggunakan teknik kuesioner. Responden dalam penelitian ini berjumlah 4 orang responden ahli dan 40 orang masyarakat, yang didapatkan dari penyebaran kuesioner online. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa sikap 4 orang responden ahli mengenai Media Pembelajaran ini sebesar 81% dan berada di kategori “Sangat Baik” dan sikap 40 orang responden masyarakat umum sebesar 93,7% dan berada di kategori “Sangat Baik”.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Pelajaran Hukum Tajwid.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Computer Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 27 Sep 2021 07:28
Last Modified: 27 Sep 2021 07:28
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/9755

Actions (login required)

View Item View Item