PEMANFAATAN SENSOR JARAK DAN SENSOR WARNA PADA PROSES PENUTUPAN LUBANG TANAM PENANAMAN BENIH MENGGUNAKAN SMART MINI ROBOT AGRICULTURE

Ridwan, Ahmad (2020) PEMANFAATAN SENSOR JARAK DAN SENSOR WARNA PADA PROSES PENUTUPAN LUBANG TANAM PENANAMAN BENIH MENGGUNAKAN SMART MINI ROBOT AGRICULTURE. Other thesis, POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan perkebunan dan pertanian di Indonesia saat ini berkembang dengan bagus. Adapun perkembangan yang terjadi menuju ke arah yang lebih baik, namun masih banyak perkebunan dan pertanian yang masih masih bergantung pada beban manusia secara manual. Contohnya saja cara yang digunakan untuk menutup lubang tanam dengan menggunakan alat yang seadanya, itu semua masih banyak yang dilakukan dengan manual atau dengan tenaga manusia. Hal ini kurang efektif karena seorang petani harus memakan banyak tenaga dan tentunya mengeluarkan ongkos lebih untuk membayar buruh. Oleh karena itu, penilitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah tersebut dalam melakukan penutupan lubang tanam secara otomatis, dengan memanfaatkan motor servo sebagai pengendali dalam melaukan penutupan lubang tanam, serta sensor ultrasonik dan sensor warna photodioda sebagai input sistem kendali mikrokontroller dan driver motor L298N sebagai penghubung ke motor DC yang merupakan keluaran dari sistem pengendalian ini. Robot bergerak dengan 4 buah motor DC yang diatur arah putarannya oleh driver motor L298N dengan input sensor ultrasonik dan sensor warna photodioda yang memberikan perintah yang telah terprogram pada mikrokontroller arduino mega.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Motor Servo, Sensor Ultrasonik, Sensor Warna Photodioda, Driver Motor L298N, Arduino Mega.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Electrical Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 08 Oct 2021 07:35
Last Modified: 08 Oct 2021 07:35
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/10134

Actions (login required)

View Item View Item