NURAZIZAH, RAFELLA (2021) RANCANG BANGUN MODUL PEMBELAJARAN OSILATOR UNTUK PRAKTIKUM DI LABORATORIUM TEKNIK TELEKOMUNIKASI POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA. Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Osilator yaitu suatu rangkaian elektronika yang dapat membangkitkan getaran listrik dengan frekuensi tertentu dan amplitudonya tetap. Dasar dari sebuah osilatoryaitu sebuah rangkaian penguat dengan sistem feedback, yaitu sebagian sinyal keluaran yang dikembalikan lagi ke masukan dengan phase dan tegangan yang sama sehingga terjadi osilasi yang terus menerus. Osilator Colpitts adalah salah satu topologi osilator yang efektif digunakan untuk pembangkit gelombang sinus pada rentang frekuensi antara 10 KHz – 10MHz. Osilator ini menggunakan rangkaian tertala LC dan umpan balik positif melalui suatu pembagi tegangan kapasitif dari rangakaian tertala. Osilator Clapp adalah versi modifikasi oscillator Collpits dengan kemantapan frekuensi lebih baik. Frekuensi resonansi rangkaian Clapp ditentukan oleh dua kapasitor terhubung seri dan di parallel dengan kapasitor variabel yang di pasang seri degan induktor. Osilator Hartley digunakan pada rangkaian penerima radio FM dan AM. Osilator Hartley termasuk jenis osilator LC. Osilator Hartley tersusun dari dua buah induktor yang tersusun seri dan sebuah kapasitor tunggal. Osilator kristal adalah rangkaian osilator elektronik yang digunakan untuk resonansi mekanik kristal bergetar dari bahan piezoelektrik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Osilator, Osilator Colpitts, Osilator Clapp, Osilator Hartley dan Osilator Kristal |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Telecommunication Engineering > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Mr Bambang Anthony |
Date Deposited: | 20 Jan 2023 01:18 |
Last Modified: | 20 Jan 2023 01:18 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/11928 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |