PENGEMBANGAN MULTIMEDIA 3 DIMENSI SEBAGAI SARANA PRAKTIKUM ELEKTRO MEKANIK DENGAN PROSES CODING BERBASIS VIRTUAL REALITY

FADILA, NURUL (2021) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA 3 DIMENSI SEBAGAI SARANA PRAKTIKUM ELEKTRO MEKANIK DENGAN PROSES CODING BERBASIS VIRTUAL REALITY. Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text (Cover)
FILE 1.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
FILE 2 (BAB 1 LA).pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA)
FILE 3 (BAB 2 LA).pdf

Download (209kB) | Preview
[img] Text (BAB 3 PERANCANGAN)
FILE 4 (BAB 3 LA).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (859kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
FILE 5 (BAB 4 LA).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN)
FILE 6 (BAB 5 LA).pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
FILE 7 (DAFTAR PUSTAKA).pdf

Download (35kB) | Preview

Abstract

Teknologi multimedia 3 dimensi sebagai sistem pembelajaran telah mengalami banyak perkembangan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan sistem belajar online di masa pandemi COVID-19. Penggunaan berbagai aplikasi software yang dapat mewujudkan teknologi multimedia 3 dimensi ini dapat membantu banyak pihak dalam pembelajaran bentuk nyata secara tidak langsung. Software yang dapat digunakan untuk mewujudkan kegiatan ini adalah Blender sebagai tempat modelling dan Verge 3D sebagai tempat coding. Selain itu, alat yang dapat digunakan untuk melihat bentuk nyata dari animasi 3 dimensi ini adalah Virtual Reality yang memiliki bentuk seperti kacamata. Spesifikasi yang digunakan untuk melakukan coding dari hasil modelling yang telah dikerjakan sebelumnya yaitu dengan laptop sebagai hardware dan Verge 3D sebagai software. Penggunaan software Verge 3D sebagai tempat melakukan coding didasarkan pada beberapa logika puzzle yang memiliki fungsi yang berbeda. Selain itu, pada saat melakukan coding juga harus memperhatikan setiap keterangan yang dibuat oleh modelling pada software Blender sebelumnya. Untuk hasil animasi yang lebih bagus, dapat ditampilkan melalui kacamata VR.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Animasi 3 Dimensi, Blender, Coding, Verge 3D, Virtual Reality. �
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Telecommunication Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 20 Jan 2023 01:34
Last Modified: 20 Jan 2023 01:34
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/11979

Actions (login required)

View Item View Item