PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PESERTA AKTIF PADA PT TASPEN (PERSERO) CABANG PALEMBANG

FADHILAH, ARNITA (2022) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PESERTA AKTIF PADA PT TASPEN (PERSERO) CABANG PALEMBANG. Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk menguji pengaruh parsial dan pengaruh simultan kualitas pelayanan terhadap kepuasan peserta aktif pada PT Taspen (Persero) Cabang Palembang. Dalam penelitian ini, variabel independen yang digunakan yaitu tangible (bukti fisik), reliability (kehandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan emphaty (empati), serta variabel dependen dalam penelitian ini yaitu kepuasan peserta aktif. Populasi yaitu sebesar 88.553 orang. Menggunakan rumus slovin untuk mengetahui jumlah sampel. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 100 peserta aktif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain kuesioner/angket, wawancara, observasi, dan riset kepustakaan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Analisis data dalam penelitian ini merupakan data kuantitatif. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis regresi linier berganda yang diolah menggunakan SPSS Versi 25 for windows. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik yang terdiri dari Uji Normalitas, Uji Heterokedastisitas, dan Uji Multikolinieritas, Uji Koefisien Determinasi, Analisis Regresi Linier Berganda, serta Uji Hipotesis yang terdiri dari Uji t dan Uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel tangible dan assurance berpengaruh terhadap kepuasan peserta aktif. Sedangkan, variabel reliability, responsiveness, dan emphaty tidak berpengaruh terhadap kepuasan peserta aktif.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kepuasan Peserta, Kualitas Pelayanan, Bukti Fisik, Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Business Management > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 25 Jan 2023 02:06
Last Modified: 25 Jan 2023 02:06
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/12127

Actions (login required)

View Item View Item