PENERAPAN NILAI-NILAI DASAR PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI WARGANEGARA DI LINGKUNGAN SEKOLAH, KELUARGA, MASYARAKAT DAN BANGSA

Oktanisa, Silvana (2016) PENERAPAN NILAI-NILAI DASAR PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI WARGANEGARA DI LINGKUNGAN SEKOLAH, KELUARGA, MASYARAKAT DAN BANGSA. Jurnal Ilmu Pengetahuan Teknologi & Seni, 8 (3). pp. 26-31. ISSN 1979 - 0759

[img]
Preview
Text (Full Text)
Jurnal Silvana Mei 2016.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter dilakukan untuk menjawab persoalan dalam mencapai tujuan pendidikan nasional Pasal 3 Undang-undang No. 20 Tahun 2003. Penerapan nilai-nilai dasar pendidikan karakter secara formal dimulai pada siswa di sckolah dan diikuti secara informal dalam lingkungan keluarga. Setelah kedua lingkungan tersebut secara beriringan akan melalui penerapan di lingkungan masyarakat dan bangsa. Karakter sebagai warga ncgcra berkaitan crat dalam kehidupan berbangsa dan bemegara. Penerapan nilai-nilai dasar pendidikan karakter dilakukan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan sebagai warga negara di lingkungan sckolah, keluarga, masyarakat dan bangsa. Karakter bangsa Indonesia adalah Pancasila. Adapun karakter bangsa yang diturunkan dari nilai-nilai dari setiap sila Pancasila adalah jujur, cerdas, tangguh dan peduli. Keempat karakter tersebut diimplikasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bemegara yang dimulai dari kehidupan di lingkungan sekolah, keluarga, masyarakat dan bangsa. Penerapannya dilakukan bersama norma dan hukum yang harus ditaati agar tercipta keadaan yang tertib, amen, tentram, seimbang dan serasi sebagai dasar moral bagi warga negara dalam hubungannya dengan negara.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Karakter, Pendidikan Karakter, Karakter Bangsa dan Warga Negara
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Business Administration > Journal
Depositing User: Mrs Trisni Handayani
Date Deposited: 14 Apr 2023 05:50
Last Modified: 14 Apr 2023 05:50
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/13352

Actions (login required)

View Item View Item