PERENCANAAN GEOMETRIK DAN TEBAL PERKERASAN LENTUR RUAS JALAN MUARA TELADAN – SIMPANG SUPAT STA 03+000 - 08+046 MUSI BANYUASIN SUMATERA SELATAN

PUTERA, KEVIN REYNANDA WIRA and FAWAZI, MUHAMMAD FAHRI (2022) PERENCANAAN GEOMETRIK DAN TEBAL PERKERASAN LENTUR RUAS JALAN MUARA TELADAN – SIMPANG SUPAT STA 03+000 - 08+046 MUSI BANYUASIN SUMATERA SELATAN. Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I .pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II LANDASAN TEORI)
BAB II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB III PEMBAHASAN)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV MANAJEMEN PROYEK)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (72kB) | Preview

Abstract

Jalan memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan pertumbuhan baik lokal maupun nasional. Di dalam penulisan laporan akhir ini, penulis ingin mengetahui bagaimana metode perencanaan geometrik dan tebal perkerasan yang baik pada Ruas Jalan Muara Teladan – Simpang Supat Musi Banyuasin Sumatera Selatan, sehingga jalan yang akan dilalui dapat memberikan rasa aman, nyaman, dan ekonomis bagi pengguna jalan. Dalam perencanaan jalan ini penulis mendesain perencanaan berdasarkan klasifikasi kelas jalan, beban lalu lintas, data tanah sebagai pendukung dan peta kontur serta hal-hal yang menjadi acuan dalam perencanaan meliputi perhitungan alinyemen horizontal, alinyemen vertical, kelas jalan dan menetaapkan perkerasan yang akan digunakan. Dari hasil perhitungan maka Jalan Ruas Jalan Muara Teladan – Simpang Supat Musi Banyuasin Sumatera Selatan ini merupakan jalan Kolektor Kelas II C dengan kecepatan rencana 80 km/jam, terdapat 2 lajur 2 arah dengan lebar jalan 2 x 3 m, dan lebar bahu jalan 1,5 m. Pada jalan ini menggunakan 4 buah tikungan diantaranya, 4 Spiral Circle Spiral, 1 Full Circle dan 1 Spiral - Spiral. Lapis permukaan jalan menggunakan LATASTON HRS-WC dengan tebal 3,0 cm dan HRS-Base dengan tebal 3,5 cm. Untuk lapis keras dengan tebal 13 cm dan lapis agregat A dengan tebal 31 cm. Dan pembangunan ruas jalan ini dilaksanakan dalam waktu 78 hari kerja dengan total biaya pelaksanaan Rp 38.709.800.000, (Tiga Puluh Delapan Milyar Tiga Ratus Sembilan Juta Delapan Ratus Ribu Rupiah).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Alinyemen Horizontal, Alinyemen Vertikal, Tebal Pekerasan, Biaya Pelaksanaan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: Mr M. Tommy Trianda
Date Deposited: 15 Jun 2023 08:44
Last Modified: 15 Jun 2023 08:44
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/13900

Actions (login required)

View Item View Item