PENGARUH KOMPETENSI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA DOSEN (SURVEI PADA PERGURUAN TINGGI NEGERI DI KOTA PALEMBANG)

Zainuddin, Periansya and P, L. Vera Riama and Oktarida, Anggeraini (2015) PENGARUH KOMPETENSI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA SERTA IMPLIKASINYA PADA KINERJA DOSEN (SURVEI PADA PERGURUAN TINGGI NEGERI DI KOTA PALEMBANG). Seminar Nasional Penelitian dan PKM: Sosial, Ekonomi, dan Humaniora (SNaPP), 5 (1). pp. 229-238. ISSN 2089 - 3590

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pengukuran kinerja dosen melalui kompetensi dosen, motivasi dosen dan kepuasan kerja dosen.Penelitian dilakukan pada 4 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Kota Palembang.Teknik pengumpulan data dengan memberikan kuesioner, yang diukur dengan skala Likert.Responden adalah dosen PTN yang dijadikan populasi dan sampel penelitian.Teknik analisis data dengan Struktural Equation Modelling (SEM) dengan pendekatan Lisrel.Model yang dikembangkan menggunakan variabel independen (kompetensi dosen dan motivasi dosen),kepuasan kerja dosen dan kinerja dosen sebagai variabel dependen. Setiap variabel merupakan variabel laten yang dibentuk oleh beberapa indikator, selanjutnya untuk menguji model yang dikembangkan dalam desain penelitian dilakukan dengan model persamaan struktural. Kesimpulan penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan kompetensi dosen dan motivasi dosen baik secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan kerja serta terdapat pengaruh dan signifikan kompetensi dosen, motivasi dosen dan kepuasan kerja baik secara parsial dan simultan terhadap kinerja dosen.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kompetensi, motivasi, kepuasan, kinerja dosen
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Accounting > Proceeding and Seminar
Depositing User: Mrs Trisni Handayani
Date Deposited: 25 Jun 2023 12:36
Last Modified: 25 Jun 2023 12:36
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/14001

Actions (login required)

View Item View Item