TINJAUAN PROSEDUR PENGELOLAAN SURAT MENYURAT DI SUB BAGIAN UMUM DAN KEPEGAWAIAN (STUDI KASUS PADA DINAS PERDAGANGAN PROVINSI SUMATERA SELATAN)

YOGA, ERLANGGA OKTA (2023) TINJAUAN PROSEDUR PENGELOLAAN SURAT MENYURAT DI SUB BAGIAN UMUM DAN KEPEGAWAIAN (STUDI KASUS PADA DINAS PERDAGANGAN PROVINSI SUMATERA SELATAN). Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
Bab I.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
Bab II.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text (BAB III KEADAAN UMUM PERUSAHAAN)
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (759kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
Bab V.pdf

Download (44kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Laporan akhir ini bertujuan menganalisis prosedur pengelolaan surat di Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Dinas Perdagangan Provinsi Sumatera Selatan. Metode pengumpulan data melibatkan wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Peneliti menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan merujuk pada data referensi dan buku yang relevan. Dari data yang dikumpulkan, terlihat sejumlah kendala dalam pengelolaan surat menyurat di Sub Bagian Umum dan Kepegawaian yang menghambat efisiensi kerja terkait surat masuk dan keluar. Kendala utamanya meliputi jumlah surat yang masuk dan keluar yang cukup besar, serta keterbatasan satu staf yang bertanggung jawab atas pengelolaan surat, mengakibatkan beban kerja yang tidak optimal. Selanjutnya, proses waktu surat masuk terhadap keluar terbukti memakan waktu lama karena kendala birokrasi, seperti pendisposisian dan penandatanganan surat, yang harus menunggu ketersediaan pimpinan, terutama kepala dinas yang sering berdinas di luar kota. Oleh karena itu, disarankan agar Dinas Perdagangan mengambil tindakan seperti menambah jumlah staf yang bertugas dalam pengelolaan surat untuk mengurangi beban kerja, mengoptimalkan waktu dalam proses surat dengan melibatkan sekretaris sebagai pengganti pimpinan dalam beberapa tahap birokrasi, dan mengimplementasikan sistem penyimpanan elektronik untuk mempermudah pengelolaan surat masuk dan keluar. Upaya-upaya ini diharapkan akan meningkatkan kinerja Sub Bagian Umum dan Kepegawaian dalam mengelola surat di lingkungan Dinas Perdagangan Provinsi Sumatera Selatan

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Prosedur, Pengelolaan, Surat Menyurat.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Business Management > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 05 Jan 2024 08:14
Last Modified: 05 Jan 2024 08:14
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/14236

Actions (login required)

View Item View Item