VISUALISASI PERMAINAN MANNERCASTLE SEBAGAI MEDIA PENGENALAN ADAB PADA ANAK USIA 6-8 TAHUN MENGGUNAKAN TEKNIK ILUSTRASI DIGITAL WHIMSICALDENGAN METODE DESIGN THINKING

Sania, Widia (2023) VISUALISASI PERMAINAN MANNERCASTLE SEBAGAI MEDIA PENGENALAN ADAB PADA ANAK USIA 6-8 TAHUN MENGGUNAKAN TEKNIK ILUSTRASI DIGITAL WHIMSICALDENGAN METODE DESIGN THINKING. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text
COVER, DLL.pdf

Download (956kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (505kB) | Preview
[img] Text (BAB III Metode Penelitian)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV Hasil dan Pembahasan)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Adab mestinya sudah dikenalkan kepada anak sedini mungkin. Usia 6-8 tahun adalah usia yang tepat untuk memperkenalkan anak kepada adab. Pentingnya memberikan pengenalan adab sejak dini untuk menumbuhkan rasa empati pada diri anak. Untuk memperkenalkan adab pada anak tidak bisa dengan cara yang monoton, anak-anak yang sedang masa aktif membutuhkan hiburan dalam pembelajaran dan memahami materi. Board game muncul sebagai salah satu media yang menunjang kegiatan pengenalan adab tersebut dengan cara yang menarik dan menyenangkan. Penelitian ini memiliki tujuan sebagai berikut: (1) Untuk mendesain visualisasi board game Manner Castle menggunakan Teknik Ilustrasi Digital dengan style Whimsical sebagai media pengenalan adab bagi anak-anak usia 6-8, (2 Untuk mengedukasi anak-anak usia 6-8 tahun tentang adab sehari-hari dengan cara yang menarik dan menyenangkan melalui board game Manner Castle. Metode pengembangan yang digunakan pada media board game ini adalah Design Thinking yang mencakup langkah-langkah: Pengumpulan Data (Empathize), Analisis Kebutuhan (Define), pengonsepan (Ideate), Pembuatan (Prototype), dan Pengujian (Test). Hasil dari penelitian ini berupa media permainan board game yang Bernama Manner Castle tentang pengenalan adab. Media board game ini divalidasi oleh ahli media dan ahli materi serta diujicobakan pada anak-anak usia 6-8 tahun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Adab, Board Game, Ilustrasi Digital
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Computer Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mrs Trisni Handayani
Date Deposited: 09 Jan 2024 01:42
Last Modified: 09 Jan 2024 01:42
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/14264

Actions (login required)

View Item View Item