APLIKASI MONITORING INSIDEN GANGGUAN FIBER OPTIC (FO)MITRATEL (MTEL) BERBASIS WEB MOBILE PADA PT TELKOM AKSES AREA PALEMBANG

Kanaya, Anisa Afifah (2025) APLIKASI MONITORING INSIDEN GANGGUAN FIBER OPTIC (FO)MITRATEL (MTEL) BERBASIS WEB MOBILE PADA PT TELKOM AKSES AREA PALEMBANG. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf - Published Version

Download (790kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (500kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (249kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Aplikasi Monitoring Insiden Gangguan Fiber Optic (FO) Mitratel (MTEL) berbasis Web Mobile dibangun di PT Telkom Akses Area Palembang sebagai solusi untuk menyediakan sistem yang lebih terintegrasi dan sesuai dengan kebutuhan operasional, melengkapi metode pencatatan laporan gangguan sebelumnya yang menggunakan Google Spreadsheet. Tujuan aplikasi ini adalah untuk menyediakan sistem pelaporan gangguan jaringan Fiber Optic yang terintegrasi dan mudah diakses guna memudahkan admin dalam mengelola laporan perbaikan dari teknisi, mengoptimalkan penanganan insiden oleh teknisi, serta mendukung monitoring oleh supervisor secara tepat waktu. Metode pengembangan sistem dilakukan menggunakan metode Waterfall dengan tahapan analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Aplikasi dibangun dengan PHP, MySQL, HTML, CSS, dan JavaScript, serta diuji dengan metode Black-Box guna memastikan fungsionalitas berfungsi seperti yang diharapkan. Hasil menunjukkan bahwa aplikasi dapat mengelola laporan gangguan secara lebih terstruktur, mengurangi keterlambatan penanganan, dan memudahkan supervisor dalam verifikasi hasil perbaikan teknisi. Fitur notifikasi dan rekap laporan juga membantu admin dalam dokumentasi serta evaluasi kinerja jaringan. Implementasi aplikasi ini berkontribusi pada peningkatan efisiensi kerja, kecepatan penanganan gangguan, dan kepuasan pengguna layanan di PT Telkom Akses Area Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Fiber Optic, Gangguan Jaringan, Web Mobile, Monitoring, Telkom Akses, Waterfall
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Informatics Management > Undergraduate Theses
Depositing User: Pustaka Manajemen Informatika
Date Deposited: 08 Aug 2025 08:41
Last Modified: 08 Aug 2025 08:41
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/16937

Actions (login required)

View Item View Item