Billian, Muhammad (2025) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA TK AL - IKHLAS MENGGUNAKAN GAME DIGITAL 2D. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
![]() |
Text (COVER)
COVER.pdf - Published Version Download (987kB) |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (242kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (223kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (485kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (204kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (188kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan anak usia dini merupakan tahap fundamental dalam membentuk kemampuan kognitif, motorik, dan bahasa. Namun, proses pembelajaran konvensional di TK Al-Ikhlas masih belum mampu menarik minat siswa secara optimal, sehingga berdampak pada rendahnya pemahaman terhadap materi pembelajaran. Penelitian ini tujuannya untuk merancang dan menciptakan media pembelajaran dalam bentuk game digital 2D yang interaktif dan edukatif guna meningkatkan minat dan pemahaman siswa. Metode yang dipakai adalah Research and Development (R&D) versi Sugiyono, digabunggkan melalui metode pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang meliputi dari enam tahap: concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Game “Smart Playground” dirancang menggunakan Unity dan Adobe Illustrator, dengan konten pembelajaran meliputi pengenalan angka, huruf, huruf hijaiyah, menyambung kata, merangkai kata, dan operasi bilangan. Hasil pengujian menggunakan Blackbox Testing menunjukkan semua fungsi aplikasi berjalan dengan baik. Validasi oleh ahli materi dan media menunjukkan persentase kelayakan sangat baik. Selain itu, hasil uji pre-test dan post-test terhadap 29 siswa menunjukkan peningkatan signifikan pemahaman materi, dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,93 atau 93%, yang termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil tersebut, media pembelajaran ini dinyatakan efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa TK terhadap materi, serta layak digunakan sebagai media pembelajaran alternatif di tingkat pendidikan anak usia dini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | game edukasi, anak usia dini, digital 2D, MDLC, TK Al-Ikhlas |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Digital Multimedia Information Technology > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Pustaka Teknik Komputer |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 08:03 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 08:03 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/18157 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |