IMPLEMENTASI MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE PADA GAME EDUKASI MATEMATIKA SEKOLAH DASAR SEBAGAI SARANA BELAJAR

Alfarizi, Muhammad Reihan (2025) IMPLEMENTASI MULTIMEDIA DEVELOPMENT LIFE CYCLE PADA GAME EDUKASI MATEMATIKA SEKOLAH DASAR SEBAGAI SARANA BELAJAR. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text (Cover)
Cover.pdf - Published Version

Download (727kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran inovatif berupa game edukasi berbasis mobile yang interaktif untuk membantu siswa sekolah dasar dalam memahami materi pelajaran, khususnya matematika, dengan cara yang lebih menarik dan menyenangkan. Pengembangan game ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahapan, yaitu concept, material collecting, design, assembly, testing, dan distribution. Game yang dikembangkan mengusung gaya visual pixel art dan top-down adventure, terinspirasi dari game klasik seperti Stardew Valley dan Citampi Stories. Materi pembelajaran yang disajikan disesuaikan dengan Kurikulum Merdeka, khususnya bab tentang perbandingan untuk siswa kelas 5 SD. Dalam game, siswa diajak untuk menjalankan misi dan menyelesaikan soal-soal matematika melalui interaksi dengan karakter non- pemain (NPC) di dunia virtual. Hasil pengujian alpha menunjukkan bahwa game ini berjalan dengan baik dan mendapat respon positif dari pengguna uji coba, terutama dalam hal tampilan visual dan cara penyampaian materi. Game edukasi ini diharapkan dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang efektif dan menyenangkan serta mampu meningkatkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Game Edukasi, Mobile Learning, Matematika, MDLC, Pixel Art, Sekolah Dasar
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Informatics Management > Undergraduate Theses
Depositing User: Pustaka Manajemen Informatika
Date Deposited: 16 Aug 2025 07:09
Last Modified: 16 Aug 2025 07:09
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/18419

Actions (login required)

View Item View Item