RAHMATIA, ANNISA DWI and PATRISIA, BELINDA (2025) PERENCANAAN GEOMETRIK DAN PERKERASAN LENTUR RUAS KOTA BATURAJA - SUNGAI TUHA STA 00+241 - STA 05+354 PROVINSI SUMATERA SELATAN. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
|
Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (209kB) | Preview |
|
![]() |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (168kB) |
|
![]() |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
![]() |
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (166kB) |
|
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
|
![]() |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (26MB) |
Abstract
Pembangunan ruas jalan Kota Baturaja – Sungai Tuha yang terletak di Kabupaten Ogan Komering Ulu dan merupakan bagian dari jalur lintas Sumatera, bertujuan untuk mengantisipasi peningkatan volume lalu lintas di masa mendatang seiring dengan pertumbuhan ekonomi wilayah. Ruas jalan ini memiliki posisi yang strategis secara geografis, karena menjadi jalur perlintasan utama di wilayah tengah Pulau Sumatera yang menghubungkan Provinsi Sumatera Selatan dengan Provinsi Lampung, Jambi, dan Bengkulu, maupun sebaliknya. Kawasan ini juga memiliki potensi sumber daya yang cukup besar di sektor pertanian, perkebunan, kehutanan, dan pariwisata, sehingga wilayah timur Sumatera Selatan dinilai cukup prospektif untuk dikembangkan sebagai penggerak ekonomi regional. Berdasarkan hasil analisis perencanaan, jalan Kota Baturaja – Sungai Tuha ini diklasifikasikan sebagai jalan arteri kelas I, dengan kecepatan rencana 60 km/jam. Desain geometrik jalan mencakup dua jenis tikungan, yaitu tiga buah tikungan Full Circle dan tiga buah tikungan Spiral–Circle–Spiral. Struktur perkerasan jalan utama menggunakan sistem perkerasan lentur (flexible pavement), yang terdiri atas lapis pondasi agregat kelas B setebal 150 mm, lapis pondasi agregat kelas A setebal 200 mm, lapis AC-BC setebal 145 mm, dan lapis permukaan AC-WC setebal 40 mm. Perbaikan tanah dasar tidak diperlukan dalam desain ini. Pada bagian bahu jalan, digunakan perkerasan tanpa lapis pelindung (sealing), dengan susunan lapisan agregat S setebal 155 mm, agregat B setebal 155 mm, dan agregat A setebal 230 mm. Seluruh pekerjaan konstruksi direncanakan dilaksanakan dalam waktu 110 hari kalender, dengan total anggaran sebesar Rp 19.422.398.903,00,- (sembilan belas miliar empat ratus dua puluh dua juta tiga ratus sembilan puluh delapan ribu sembilan ratus tiga rupiah). Kata kunci: Ekonomi Regional, Geometri Jalan, Jalur Lintas Sumatera, Perencanaan Jalan, Perkerasan Lentur.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Regional Economy, Road Geometry, Trans-Sumatra Route, Road Planning, Flexible Pavement |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Civil Engineering > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Pustaka Teknik Sipil |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 02:39 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 02:39 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/19145 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |