IMPLEMENTASI METODE MDLC DALAM MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI 2D UNTUK PENGENALAN KONSEP BENTUK (STUDI KASUS PAUD AL-MUNAWAROH PALEMBANG)

Amrusi, Yozza Faraqta (2025) IMPLEMENTASI METODE MDLC DALAM MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI 2D UNTUK PENGENALAN KONSEP BENTUK (STUDI KASUS PAUD AL-MUNAWAROH PALEMBANG). Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran konsep bentuk dasar pada anak usia dini sering menghadapi kendala kurangnya media pembelajaran yang interaktif dan menarik, sehingga mengakibatkan pemahaman siswa terhadap materi tidak optimal. Oleh karena itu, diperlukan suatu media pembelajaran yang efektif, menarik, dan mampu meningkatkan daya serap materi pada anak usia 4-5 tahun. Dalam mengatasi permasalahan terkait pembelajaran konsep bentuk, laporan ini mengusulkan pemanfaatan teknologi animasi 2D sebagai media pembelajaran interaktif di PAUD Al Munawaroh Palembang. Dengan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), maka dibuat suatu media pembelajaran animasi 2D yang meliputi tahapan konsep, perancangan, pengumpulan material, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Sistem dikembangkan menggunakan perangkat lunak Adobe Illustrator untuk desain karakter, Adobe After Effects untuk animasi, dan Adobe Premiere Pro untuk pengeditan dan penggabungan audio-visual. Media pembelajaran ini dirancang untuk mengenalkan konsep bentuk geometris dasar kepada anak usia dini melalui pendekatan visual yang menarik dan interaktif. Hasil pengujian beta menunjukkan penerimaan yang sangat positif dari validator dengan penilaian sesuai kurikulum dan menarik secara visual. Pengujian efektivitas media yang dilakukan dengan pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan pemahaman siswa dari rata-rata nilai 20,625 menjadi 36,75, atau mengalami peningkatan sebesar 78 persen secara keseluruhan. Hal ini memvalidasi efektivitas dan fungsionalitas media pembelajaran dalam menyediakan solusi pembelajaran konsep bentuk yang interaktif dan efisien untuk anak usia dini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Animasi 2D, Pengenalan Bentuk, PAUD, MDLC, Media Pembelajaran
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Computer Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Pustaka Teknik Komputer
Date Deposited: 11 Sep 2025 08:57
Last Modified: 11 Sep 2025 08:57
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/20051

Actions (login required)

View Item View Item