Amrusi, Yozza Faraqta (2025) IMPLEMENTASI METODE MDLC DALAM MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI 2D UNTUK PENGENALAN KONSEP BENTUK (STUDI KASUS PAUD AL-MUNAWAROH PALEMBANG). Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
|
Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (abstrak)
ABSTRACT.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Pembelajaran konsep bentuk dasar pada anak usia dini sering menghadapi kendala kurangnya media pembelajaran yang interaktif dan menarik, sehingga mengakibatkan pemahaman siswa terhadap materi tidak optimal. Oleh karena itu, diperlukan suatu media pembelajaran yang efektif, menarik, dan mampu meningkatkan daya serap materi pada anak usia 4-5 tahun. Dalam mengatasi permasalahan terkait pembelajaran konsep bentuk, laporan ini mengusulkan pemanfaatan teknologi animasi 2D sebagai media pembelajaran interaktif di PAUD Al Munawaroh Palembang. Dengan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), maka dibuat suatu media pembelajaran animasi 2D yang meliputi tahapan konsep, perancangan, pengumpulan material, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Sistem dikembangkan menggunakan perangkat lunak Adobe Illustrator untuk desain karakter, Adobe After Effects untuk animasi, dan Adobe Premiere Pro untuk pengeditan dan penggabungan audio-visual. Media pembelajaran ini dirancang untuk mengenalkan konsep bentuk geometris dasar kepada anak usia dini melalui pendekatan visual yang menarik dan interaktif. Hasil pengujian beta menunjukkan penerimaan yang sangat positif dari validator dengan penilaian sesuai kurikulum dan menarik secara visual. Pengujian efektivitas media yang dilakukan dengan pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan pemahaman siswa dari rata-rata nilai 20,625 menjadi 36,75, atau mengalami peningkatan sebesar 78 persen secara keseluruhan. Hal ini memvalidasi efektivitas dan fungsionalitas media pembelajaran dalam menyediakan solusi pembelajaran konsep bentuk yang interaktif dan efisien untuk anak usia dini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Animasi 2D, Pengenalan Bentuk, PAUD, MDLC, Media Pembelajaran |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Computer Engineering > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Pustaka Teknik Komputer |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 08:57 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 08:57 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/20051 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |