Namira, Milaya Putri and Mariska, Umi Afifah (2025) PERENCANAAN GEOMETRIK DAN TEBAL PERKERASAN KAKU JALAN ALTERNATIF TALANG JAYA-CENGAL STA 0+000 – STA 7+500 KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR PROVINSI SUMATERA SELATAN. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
|
Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (356kB) |
|
![]() |
Text (Bab I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
|
![]() |
Text (Bab II)
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
![]() |
Text (Bab III)
BAB III PERHITUNGAN KONSTRUKSI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
![]() |
Text (Bab IV)
BAB IV MANAJEMEN PROYEK.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
![]() |
Text (Bab V)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (439kB) |
|
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (253kB) |
|
![]() |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (43MB) |
Abstract
Pembangunan infrastruktur jalan memiliki peran strategis dalam mendukung mobilitas masyarakat dan pertumbuhan ekonomi daerah. Jalan alternatif Talang Jaya–Cengal di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Provinsi Sumatera Selatan direncanakan untuk mengatasi kemacetan, memperpendek waktu tempuh, dan meningkatkan konektivitas antar wilayah. Perencanaan ini mencakup desain geometrik sesuai Spesifikasi Umum Bina Marga, mencakup alinyemen horizontal, vertikal, penampang melintang, serta tikungan dan superelevasi. Perhitungan tebal perkerasan kaku (rigid pavement) dengan memperhitungkan beban lalu lintas, nilai CBR, dan mutu beton. Selain itu dirancang pula bangunan pelengkap sistem drainase. Data lalu lintas, topografi, dan kondisi tanah digunakan untuk mendukung analisis teknis sehingga diperoleh desain yang optimal dan sesuai standar. Hasil perencanaan menunjukkan panjang jalan ±7,5 km dengan tebal pelat beton 27 cm untuk mendukung beban lalu lintas berat. Volume pekerjaan dihitung secara rinci mulai dari pekerjaan tanah, perkerasan, hingga bangunan pelengkap. Rencana Anggaran Biaya (RAB) diperoleh sebesar Rp 176.272.785.475,00 termasuk PPN 11%, dengan estimasi waktu pelaksanaan 240 hari kalender. Perencanaan ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam pembangunan jalan yang aman, nyaman, dan berkelanjutan, serta memberi manfaat signifikan bagi masyarakat di sepanjang koridor jalan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jalan alternatif, perkerasan kaku, perencananaan geometrik, RAB |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Design Roads and Bridges > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Pustaka Teknik Sipil |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 10:09 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 10:09 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/20323 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |