Ananda, Faradhea (2025) IMPLEMENTASI TEKNOLOGI ENERGI SURYA PADA SISTEM TRANSPORTASI KERETA MAGNETIC LEVITATION. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
![]() |
Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
|
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (269kB) | Preview |
|
![]() |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (289kB) |
|
![]() |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (994kB) |
|
![]() |
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (602kB) |
|
![]() |
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (334kB) |
|
![]() |
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (237kB) |
|
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (225kB) |
|
![]() |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Transportasi berbasis energi terbarukan menjadi solusi yang efektif untuk mengurangi ketergantungan pada energi fosil serta dampak negatif terhadap lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan teknologi energi surya pada sistem transportasi kereta magnetic levitation (maglev). Dalam sistem maglev, panel surya 20 Wp digunakan sebagai sumber utama untuk mengisi baterai LiFePO4 12V 6Ah melalui Solar Charge Controller (SCC). Energi yang disimpan dalam baterai digunakan untuk menggerakkan motor DC yang menggerakkan magnet sebagai sistem propulsi pada kereta maglev. Sistem berguna untuk beroperasi secara mandiri, bahkan dalam kondisi cuaca yang bervariasi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa panel surya mampu mengisi baterai dari 20% hingga 90% dalam waktu sekitar 5 jam pada kondisi sinar matahari yang optimal. Selain itu, meskipun intensitas cahaya matahari bervariasi, sistem maglev tetap dapat berfungsi dengan baik, mengonfirmasi kemampuan self-sustaining yang tinggi untuk pengoperasian sistem transportasi berbasis energi surya. Modul PZEM-015 digunakan untuk memantau kondisi daya dalam sistem secara real-time, memungkinkan evaluasi performa pengisian dan konsumsi energi yang efisien. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan sistem transportasi ramah lingkungan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kereta maglev, energi surya, panel surya, baterai LiFePO4, Solar Charge Controller, motor DC |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Electronic Engineering > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Pustaka Teknik Elektro |
Date Deposited: | 13 Oct 2025 08:42 |
Last Modified: | 13 Oct 2025 08:42 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/20794 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |