IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA EDUKASI MATA PELAJARAN IPAS MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

Irpansyah, - (2025) IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA EDUKASI MATA PELAJARAN IPAS MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text (Cover)
Cover.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (476kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (775kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (517kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)
[img] Text (FULL TEXT)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)

Abstract

Kemajuan dalam teknologi informasi telah mendorong inovasi baru dalam media pembelajaran. Salah satu contohnya adalah Augmented Reality (AR), yang memungkinkan interaksi interaktif antara objek virtual dan dunia nyata. Siswa di kelas VI SD Negeri 17 Talang Ubi melakukan penelitian ini yang bertujuan untuk menerapkan AR sebagai media pendidikan dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) dengan materi Sistem Tata Surya. Pengembangan dilakukan menggunakan Desain Thinking yang meliputi lima tahapan : Empatize, define, ideate, prototype, dan test. Dengan menggunakan Vuforia Engine dan Unity, media ini memiliki visualisasi planet 3D, narasi audio, kamus istilah, dan kuis interaktif. Semua fitur berjalan baik, menurut pengujian kotak hitam. Uji validasi ahli materi memperoleh skor rata-rata 92 persen, dan uji validasi ahli media memperoleh 83 persen, masing-masing dengan skor yang sangat layak. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test, evaluasi efektivitas terhadap 20 siswa menunjukkan peningkatan pemahaman, dengan nilai N-Gain sebesar 0,56, yang merupakan kategori sedang-menuju-tinggi atau cukup efektif. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan AR melalui pendekatan Design Thinking dapat menjadi metode pembelajaran yang interaktif, menarik, dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep abstrak dalam mata pelajaran IPAS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Media Pembelajaran, Augmented Reality, IPAS, Design Thinking, Sekolah Dasar, Tata Surya
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Digital Multimedia Information Technology > Undergraduate Theses
Depositing User: Pustaka Teknik Komputer
Date Deposited: 23 Oct 2025 03:55
Last Modified: 23 Oct 2025 03:55
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/21018

Actions (login required)

View Item View Item