Ramadhan, Teuku Arief Aulia (2025) IMPLEMENTASI KOMIK INTERAKTIF PERBANDINGAN SENILAI DAN BERBALIK NILAI. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
|
Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version Download (899kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (84kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
||
|
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (565kB) |
||
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (825kB) |
||
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
||
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
||
|
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang komik interaktif berbasis multimedia yang menyajikan materi Perbandingan Senilai dan Perbandingan Berbalik Nilai untuk siswa kelas 7 SMP. Komik interaktif ini dirancang sebagai solusi atas kesulitan siswa dalam memahami konsep matematika yang bersifat abstrak, serta untuk meningkatkan motivasi belajar melalui media visual yang menarik dan melibatkan partisipasi pengguna. Komik disusun dalam format linier, tanpa fitur interaksi kompleks seperti cabang alur cerita atau animasi, namun memanfaatkan kekuatan ilustrasi, narasi visual, dan elemen interaktif seperti kuis sederhana untuk menyampaikan materi secara terstruktur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah User-Centered Design (UCD), yang mencakup lima tahapan utama, yaitu riset pengguna, penentuan solusi, perancangan produk, uji coba, dan iterasi. Evaluasi efektivitas dilakukan melalui uji pre-test dan post-test terhadap pemahaman siswa serta analisis sentimen terhadap pengalaman mereka menggunakan komik interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata siswa meningkat dari 1,97 menjadi 3,78 setelah menggunakan media ini, dengan nilai effect size sebesar 1,529 yang termasuk kategori tinggi. Selain itu, analisis sentimen menunjukkan bahwa 71,67% siswa memberikan tanggapan positif terhadap komik interaktif, sementara 15,5% memberikan tanggapan negatif, dan 12,83% bersifat netral. Temuan ini menunjukkan bahwa komik interaktif berbasis multimedia dapat menjadi alternatif media pembelajaran matematika yang lebih efektif, menarik, dan mudah dipahami oleh siswa.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | komik interaktif, matematika, perbandingan senilai, perbandingan berbalik nilai, user-centered design, sentiment analysis |
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | Digital Multimedia Information Technology > Undergraduate Theses |
| Depositing User: | Pustaka Teknik Komputer |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 03:34 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 03:34 |
| URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/21115 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
