Yayat Firdaus, Ahmad and Fawwaz Musyaffa, Muhammad (2025) ANALISIS PERENCANAAN STRUKTUR SHEET PILE MENGGUNAKAN ASDIP PADA PROYEK PENINGKATAN JEMBATAN KERETA API MUARA ENIM SUMATERA SELATAN. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
|
Text (cover)
COVER.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (13kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
||
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (347kB) |
||
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (953kB) |
||
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
||
|
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Proyek peningkatan Jembatan Kereta Api di Muara Enim, Sumatera Selatan, memerlukan perencanaan struktur yang dapat menjamin kestabilan tanah dan keselamatan konstruksi. Salah satu solusi teknis yang diterapkan adalah penggunaan sheet pile sebagai dinding penahan tanah, khususnya pada area abutment jembatan. Dalam laporan ini, dilakukan perencanaan struktur sheet pile dengan memanfaatkan perangkat lunak ASDIP Retain untuk menganalisis stabilitas dan kekuatan struktur secara komputasional. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan dimensi dan jenis material sheet pile baja yang sesuai dengan kondisi tanah serta beban yang bekerja di lapangan, menghitung kebutuhan anggaran biaya (RAB), dan mengevaluasi nilai faktor keamanan. Berdasarkan data tanah hasil uji laboratorium dan lapangan, serta pemodelan ASDIP Retain pada dua kondisi (galian setengah dan galian penuh) di dua abutment. Analisis juga menunjukkan bahwa struktur yang direncanakan memenuhi standar keamanan dan keandalan, serta memberikan solusi yang efisien dan ekonomis dalam konteks proyek infrastruktur kereta api. Dimensi sheet pile yang digunakan pada perencanaan ini yaitu 400 mm x 170 mm x 15,5 mm dengan panjang sheet pile 12 meter, untuk pemancangan pada Abutment 1 menggunakan kedalaman 33,4 meter dan Abutment 2 kedalaman 44 meter. Dengan menggunakan material steel sheet pile, nilai safety factor yang didapat dengan menghitung manual dari data tanah, yaitu Abutment 1 : 13,331, 3,813 dan 3,813 untuk Abutment 2 : 10,071, 3,94 dan 3,915 ketiga nilai diatas sudah sangat aman karena indiikator yang digunakan yaitu adalah SNI 8460- 2017, dengan indikator <1,1 (tidak aman), > 1,5 (Aman), >2 (sangat aman). Berdasarkan hasil perhitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang telah dilakukan, total biaya yang dibutuhkan untuk pelaksanaan pekerjaan pemancangan sheet pile ini adalah sebesar Rp 1.125.355.000 (Satu miliar seratus dua puluh lims juta tiga ratus lima puluh lima ribu rupiah). Biaya tersebut mencakup seluruh komponen pekerjaan, mulai dari pekerjaan persiapan, pekerjaan tanah, pekerjaan pemancangan sheet pile, dan pekerjaan finishing. Hasil perencanaan ini diharapkan menjadi acuan dalam pengembangan proyek sejenis di masa mendatang dan sebagai sumbangan hasil penelitian terhadap pengembangan ilmu pengetahuan.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kata kunci :sheet pile, ASDIP Retain, Pemancangan, safety factor, rancangan anggaran biaya. |
| Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
| Divisions: | Civil Engineering > Undergraduate Theses |
| Depositing User: | Pustaka Teknik Sipil |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 01:54 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 01:54 |
| URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/21128 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
