PERANCANGAN GEOMETRIK DAN TEBAL PERKERASAN KAKU PADA RUAS JALAN MUARA PADANG STA 0+000 – STA 7+484,63 KABUPATEN BANYUASIN SUMATRA SELATAN

Susilo, M. Ferdian and Abdullah, Ahmad Fikri (2025) PERANCANGAN GEOMETRIK DAN TEBAL PERKERASAN KAKU PADA RUAS JALAN MUARA PADANG STA 0+000 – STA 7+484,63 KABUPATEN BANYUASIN SUMATRA SELATAN. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img] Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version

Download (573kB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (216kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Bab VI)
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (28MB) | Request a copy

Abstract

Kabupaten Banyuasin, sebagai wilayah dengan potensi ekonomi yang berkembang pesat, sangat bergantung pada infrastruktur jalan yang memadai untuk mendukung mobilitas dan aktivitas transportasi. Ruas Jalan Muara Padang (STA 0+000 - STA 7+500) merupakan jalur strategis yang menghubungkan berbagai pusat aktivitas ekonomi, sosial, dan perdagangan. Namun, kondisi eksisting jalan tersebut menghadapi permasalahan terkait aspek geometrik dan kualitas perkerasan yang berdampak pada kenyamanan serta keselamatan pengguna jalan. Perencanaan yang tidak cermat dapat menimbulkan risiko kecelakaan lalu lintas dan penurunan kecepatan operasional. Oleh karena itu, diperlukan sebuah perencanaan ulang yang sistematis baik dari sisi geometrik maupun pemilihan struktur perkerasan yang tepat, seperti perkerasan kaku (rigid pavement) yang memiliki daya tahan lebih baik untuk lalu lintas berat. Untuk melakukan perencanaan teknis geometrik dan tebal perkerasan kaku pada ruas jalan tersebut dengan mengacu pada pedoman dan standar terbaru yang relevan. Metode yang digunakan adalah analisis data sekunder untuk menghasilkan perancangan alinyemen horizontal dan vertikal, tebal perkerasan, drainase, hingga Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan jadwal pelaksanaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Geometrik, Perkerasan Kaku, Tebal Perkerasan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Design Roads and Bridges > Undergraduate Theses
Depositing User: Cindy Kartika
Date Deposited: 18 Dec 2025 04:30
Last Modified: 18 Dec 2025 04:30
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/21602

Actions (login required)

View Item View Item