Pengaruh Motivasi dan Disiplin Beljar terhadap Hasil Belajar Pendidikan agama Islam

Husin, Farida (2013) Pengaruh Motivasi dan Disiplin Beljar terhadap Hasil Belajar Pendidikan agama Islam. Jurnal Ilmiah, V (3). ISSN 1979-0759

[img]
Preview
Text (Cover)
Cover Pengaruh Motivasi dan disiplin belajar terhadap hasil belajar mahasiswa.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Content)
jurnal Pengaruh Motivasi dan disiplin belajar terhadap hasil belajar mahasiswa_opt_opt.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tesis ini ditulis oleh Farida Husin dengan judul Pengaruh Motivasi dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di Politeknik Negeri Sriwijaya, dibawah bimbingan Prof. Dr. H. Siwoyo Haryono, MM, MPd dan Drs. H. Rustam Effendi, SE,M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh motivasi dan disiplin belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di Politeknik Negeri Sriwijaya. Hipotesis dalam penelitian ini adalah: (1) ada pengaruh yang signifikan motivasi terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di Politeknik Negeri Sriwijaya, , (2) ada pengaruh yang signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama islam di Politeknik Negeri Sriwijaya, dan (3) ada pengaruh yang signifikan motivasi dan disiplin belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di Politeknik Negeri Sriwijaya. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Juni 2012 bertempat di Politeknik Negeri Sriwijaya, khususnya di Jurusan Teknik Elektronika, dengan jumlah populasi sebanyak 93 orang. Karena populasi kurang dari 100, maka semuanya menjadi sampel penelitian, dengan rincian, 50 orang menjadi sampel penelitian dan 43 orang menjadi uji instrumen. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan sampel data dengan menggunakan kuesioner tertutup dengan 5 pilihan jawaban. Metode penelitian ini adalah Deskriptif Kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah (1) Analisis Butir Instrumen (2) Analsis Statistik, Deskriptif, (3) Analisis Statistik Inferensial, (4) Analisis Regresi, (5) Hipotesis. Taraf signifikan yang digunakan yaitu α = 0,05. Media pengolahan data dengan menggunakan program SPSS 17,0. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Pendidikan Agama Islam mahasiswa Jurusan Teknik Elektronika di Politeknik Sriwijaya dapat dipengaruhi oleh motivasi sebesar 11%, dan disiplin belajar sebesar 12,7 %. Sisanya dipengaruhi oleh faktor lain dan Persamaan regresi linier berganda pengaruh motivasi (X1) dan Disiplin belajar (X2) secara bersama-sama terhadap hasil belajar (Y)adalah: Y=6,982+0,529X1+0,255X2+e Dari persamaan di atas, konstansta regresi adalah 6,892.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: General > Journal
Depositing User: Administrator EPRINTS POLSRI
Date Deposited: 28 Nov 2016 06:06
Last Modified: 28 Nov 2016 06:06
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/2990

Actions (login required)

View Item View Item