PERENCANAAN GEOMETRIK DAN TEBAL PERKERASAN KAKU STA 0+000 – STA 6+173 JALAN LINGKAR SELATAN KECAMATAN LAHAT SELATAN KABUPATEN LAHAT PROVINSI SUMATERA SELATAN

Hadisah, Putri Nahiyatun and Bella, Sintia (2021) PERENCANAAN GEOMETRIK DAN TEBAL PERKERASAN KAKU STA 0+000 – STA 6+173 JALAN LINGKAR SELATAN KECAMATAN LAHAT SELATAN KABUPATEN LAHAT PROVINSI SUMATERA SELATAN. Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Pembangunan jalan merupakan kebutuhan yang sangat penting sebagai pendukung pertama aktivitas ekonomi baik di pusat maupun di daerah. Salah satunya adalah di daerah Lahat karana kawasan yang potensial untuk agrobisnis dan agroindustri. Didalam pembuatan tugas akhir ini, penulis ingin mengetahui bagaimana perencanaan yang baik dalam merencanakan desain geometrik dan tebal perkerasan Jalan Lingkar Selatan STA 0+000 – STA 6+173, sehingga jalan yang akan dilalui dapat memberikan rasa aman, nyaman, dan ekonomis bagi pengguna jalan. Didalam merencanakan desain geometrik jalan raya, hal-hal yang menjadi acuan dalam perencanaan meliputi perhitungan alinyemen horizontal, alinyemen vertikal, serta menetapkan perkerasan apa yang digunakan. Dari hasil perhitungan-perhitungan diatas maka Jalan Lingkar Selatan ini merupakan jalan Arteri kelas I dengan kecepatan rencana jalan 80 km/jam. Dan pada jalan ini menggunakan 8 buah tikungan diantaranya, 3 Full Circle, 2 Spiral Circle Spiral, dan 3 Spiral Spiral. Lapisan permukaan jalan menggunakan Perkerasan Rigid dengan tebal lapisan 23 cm, sedangkan lapisan pondasi bawah menggunakan Agregat Kelas B dengan tebal 15 cm. Pembangunan ruas jalan ini dilaksanakan dalam waktu 119 hari.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Jalan, Desain Geometrik, Tebal perkerasan kaku.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Civil Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 19 Jan 2023 01:42
Last Modified: 19 Jan 2023 01:42
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/11803

Actions (login required)

View Item View Item