PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA MENGENAI DOMPET DIGITAL TERHADAP MINAT PENGGUNAAN APLIKASI “DANA” (STUDI KASUS : UKM KARISMA POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA)

LOAY, MOHAMAD (2022) PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA MENGENAI DOMPET DIGITAL TERHADAP MINAT PENGGUNAAN APLIKASI “DANA” (STUDI KASUS : UKM KARISMA POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA). Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi mahasiswa mengenai dompet digital terhadap minat penggunaan aplikasi DANA (studi kasus pada mahasiswa UKM Karisma Politeknik Negeri Sriwijaya). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan dengan riset lapangan dan riset kepustakaan. Riset lapangan diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada 77 responden mahasiswa UKM Karisma Politeknik Negeri Sriwijaya. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa UKM Karisma Politeknik Negeri Sriwijaya yang menggunakan dompet digital aplikasi DANA. Untuk teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan menggunakan program IBM SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 22. Pada pengujian hasil uji validitas dan reliabilitas variabel persepsi mahasiswa (X) dan variabel minat penggunaan aplikasi DANA (Y) menyatakan valid dan reliabel. Sedangkan untuk hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa sekitar 58,3 persen, dengan demikian minat penggunaan aplikasi DANA pada mahasiswa UKM Karisma Politeknik Negeri Sriwijaya dipengaruhi oleh persepsi mahasiswa. Sedangkan sisanya sebesar 41,7 persen lainnya dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Minat menggunakan aplikasi DANA dipengaruhi secara signifikan oleh persepsi manfaat, persepsi kemudahan dan teknologi. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan masukkan bagi perusahaan dompet digital aplikasi DANA.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: persepsi mahasiswa, minat penggunaan, DANA
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Business Management > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 08 Nov 2022 04:19
Last Modified: 08 Nov 2022 04:19
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/12106

Actions (login required)

View Item View Item