SISTEM INFORMASI PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU (SIPATU) DENGAN METODE CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA KANTOR KECAMATAN SEBERANG ULU I KOTA PALEMBANG BERBASIS WEBSITE

FAISYAL, MUHAMMAD (2022) SISTEM INFORMASI PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU (SIPATU) DENGAN METODE CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA KANTOR KECAMATAN SEBERANG ULU I KOTA PALEMBANG BERBASIS WEBSITE. Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text
File I = Cover-Daftar Tabel.pdf

Download (761kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
File II = BAB I.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
File III = BAB II.pdf

Download (712kB) | Preview
[img] Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
File IV = BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
File V = BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
File VI = BAB V.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
File VII = Daftar Pustaka.pdf

Download (295kB) | Preview

Abstract

Admintrasi dapat didefinisikan sebagai keseluruhan proses kerja sama antara dua orang manusia atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Pada Kantor Kecamatan Seberang Ulu I Kota Palembang ada beberapa berkas administrasi yang perlu dilengkapi oleh masyarakat ketika akan mengajukan berkas administrasi. sebagai contoh, Berkas Perizinan, Berkas NonPerizinan dan Informasi Layanan, yang nantinya akan diajukan ke Bagian Pelayanan Administrasi. Pengajuan berkas administrasi oleh masyarakat pada Kantor Kecamatan Seberang Ulu I Kota Palembang saat ini masih bersifat manual dan masih berbentuk kertas, hal ini dirasa masih kurang efektif dikarenakan peluang kehilangan formulir-formulir dan juga peluang kecurangan pada berkas yang akan diserahkan masih dapat terjadi serta masih kurang efisien dalam segi waktu penyerahan dan pengkolektifan berkas tersebut. Dalam menjawab permasalahan yang ditemukan, tugas akhir ini bertujuan untuk mengembangkan suatu aplikasi monitoring dan verifikasi berbasis website yang dapat membantu Pelayanan Administrasi dalam hal memonitoring dan verifikasi data berkas pengajuan administrasi oleh masyarakat agar lebih efektif dan efisien. Sistem yang diusulkan dianalisis menggunakan metode customer relationship management yang disesuaikan dengan keadaan yang terjadi saat ini serta dikembangkan menggunakan metode RAD. Untuk pemodelan perancangan menggunakan DFD yang meliputi diagram konteks, DFD level 1, flowchart, blockchart dan ERD. Terakhir, pada tahap pemrograman sistem mengguanakan HTML, PHP native, CSS, JavaScript, dan MySQL. Hasil dari tugas akhir ini adalah suatu aplikasi monitoring dan verifikasi berkas pengajuan administrasi oleh masyarakat pada Kantor Kecamatan Seberang Ulu I Kota Palembang berbasis website yang memberikan kemudahan untuk Masyarakat dalam hal pengajuan berkas administrasi. Admin Camat, Sekretaris Camat, dan Kepala Camat dapat memverifikasi berkas pengajuan administrasi yang telah diajukan oleh Masyarakat serta Administrasi Camat yang dapat memonitoring jalannya berkas yang telah diajukan dan dapat melakukan verifikasi berkas. Aplikasi ini dapat menjadi acuan kedepannya ketika akan dilakukannya pengembangan kembali.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: administrasi, aplikasi sistem informasi, customer relationship management, RAD.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Informatics Management > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 30 Jan 2023 09:08
Last Modified: 30 Jan 2023 09:08
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/12377

Actions (login required)

View Item View Item