NAIM, M. JANATUN (2022) Rancang Bangun Reaktor Hydrotreating Multi Tubular Dan Analisis Kinerja Pada Proses Hidrogenasi Minyak Jelantah Menjadi Green Diesel (D-100). Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
|
Text
a. Cover, Pengesahan, Motto, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi-Daftar Lampiran.pdf Download (466kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
b. BAB I TA Naim.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
c. BAB II TA Naim.pdf Download (233kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
d. BAB III TA Naim.pdf Restricted to Repository staff only Download (428kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
e. BAB IV TA Naim.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
f. BAB V TA Naim.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
g. Daftar Pustaka TA Naim.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN I DATA PENELITIAN)
h. Lampiran TA Naim.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Pada proses hidrogenasi yang berlangsung, selain untuk memecahkan rantai trigliserida, juga terjadi proses pelepasan oksigen yang bertujuan agar hydrogen yang diinjeksikan dapat berikatan sehingga didapatkan produk green diesel. Pemecahan atau pemutusan rantai dan penggabungan hydrogen ke dalam rantai dibantu dengan menggunakan katalis. Katalis yang sering digunakan yaitu katalis nikel, dimana katalis ini berikatan dengan senyawa lain, misalnya NiMo, Ni-Zn/γ- Al2O3. Oleh karena sifat dari nikel ini mudah teracuni sehingga akan berdampak pada proses reaksi hidrogenasi yang berlangsung. Mekanisme reaksi pada proses pembuatan green diesel ini sangat kompleks, yaitu terdiri dari reaksi-reaksi hidrodeoksigenasi, dekarbonilasi, dan dekarboksilasi. Dari proses hidrogenasi minyak jelantah menjadi green diesel dengan menggunakan reaktor hydrotreating multi tubular menghasilkan produk green diesel yang dioperasikan pada temperatur 450oC dan tekanan 20 bar dari bahan baku minyak jelantah yang memiliki kadar FFA 2%, 4%, dan 6% dan gas hidrogen bertekanan 2 bar berturut-turut yaitu sebesar 23,17%, 21,18%, dan 18,14%. Secara desain produk green diesel yang diproduksi memiliki nilai specific energy consumption sebesar 32,79; 35,83; dan 41,74 kWh/L. Sedangkan secara aktual produk green diesel yang diproduksi memiliki nilai specific energy consumption sebesar 33,20; 36,47; dan 42,22 kWh/L. Dengan nilai SEC secara desain dan aktual reaktor ini menghasilkan produk green diesel yang sudah memenuhi standar European Standard EN15940:2016/A1:2018.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hydrotreating, Multi tubular, Minyak Jelantah, Specific energy consumption (SEC), FFA. |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Chemical Engineering > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Mr M. Tommy Trianda |
Date Deposited: | 12 Apr 2023 06:19 |
Last Modified: | 12 Apr 2023 06:19 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/13215 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |