Rancang Bangun Reaktor Hydrotreating Multi Tubular Dan Analisis Kinerja Pada Proses Hidrogenasi Minyak Jelantah Menjadi Green Diesel (D-100)

NAIM, M. JANATUN (2022) Rancang Bangun Reaktor Hydrotreating Multi Tubular Dan Analisis Kinerja Pada Proses Hidrogenasi Minyak Jelantah Menjadi Green Diesel (D-100). Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text
a. Cover, Pengesahan, Motto, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi-Daftar Lampiran.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
b. BAB I TA Naim.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
c. BAB II TA Naim.pdf

Download (233kB) | Preview
[img] Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
d. BAB III TA Naim.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
e. BAB IV TA Naim.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
f. BAB V TA Naim.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
g. Daftar Pustaka TA Naim.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN I DATA PENELITIAN)
h. Lampiran TA Naim.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pada proses hidrogenasi yang berlangsung, selain untuk memecahkan rantai trigliserida, juga terjadi proses pelepasan oksigen yang bertujuan agar hydrogen yang diinjeksikan dapat berikatan sehingga didapatkan produk green diesel. Pemecahan atau pemutusan rantai dan penggabungan hydrogen ke dalam rantai dibantu dengan menggunakan katalis. Katalis yang sering digunakan yaitu katalis nikel, dimana katalis ini berikatan dengan senyawa lain, misalnya NiMo, Ni-Zn/γ- Al2O3. Oleh karena sifat dari nikel ini mudah teracuni sehingga akan berdampak pada proses reaksi hidrogenasi yang berlangsung. Mekanisme reaksi pada proses pembuatan green diesel ini sangat kompleks, yaitu terdiri dari reaksi-reaksi hidrodeoksigenasi, dekarbonilasi, dan dekarboksilasi. Dari proses hidrogenasi minyak jelantah menjadi green diesel dengan menggunakan reaktor hydrotreating multi tubular menghasilkan produk green diesel yang dioperasikan pada temperatur 450oC dan tekanan 20 bar dari bahan baku minyak jelantah yang memiliki kadar FFA 2%, 4%, dan 6% dan gas hidrogen bertekanan 2 bar berturut-turut yaitu sebesar 23,17%, 21,18%, dan 18,14%. Secara desain produk green diesel yang diproduksi memiliki nilai specific energy consumption sebesar 32,79; 35,83; dan 41,74 kWh/L. Sedangkan secara aktual produk green diesel yang diproduksi memiliki nilai specific energy consumption sebesar 33,20; 36,47; dan 42,22 kWh/L. Dengan nilai SEC secara desain dan aktual reaktor ini menghasilkan produk green diesel yang sudah memenuhi standar European Standard EN15940:2016/A1:2018.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Hydrotreating, Multi tubular, Minyak Jelantah, Specific energy consumption (SEC), FFA.
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Chemical Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr M. Tommy Trianda
Date Deposited: 12 Apr 2023 06:19
Last Modified: 12 Apr 2023 06:19
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/13215

Actions (login required)

View Item View Item