Fahri, Muhammad Algi and Khatami, Muhammad and Cahyadi, Yusuf (2022) PERANCANGAN GEOMETRIK JALAN DAN TEBAL PERKERASAN LENTUR PADA PEMBANGUNAN RUAS JALAN PENINGGALAN – SUNGAI LILIN PROVINSI SUMATERA SELATAN STA 113+387 -118+957. Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
|
Text (Cover)
file 1.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
file 2 ( bab 1).pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
file 3 ( bab 2).pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB III PERHITUNGAN GEOMETRIK DAN PERKERASAN)
file 4 ( bab 3).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV MANAJEMEN PROYEK)
file 5 ( bab 4).pdf Restricted to Repository staff only Download (917kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB V PENUTUP)
file 6 ( bab 5).pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
file 7 ( Daftar Pustaka).pdf Download (54kB) | Preview |
Abstract
Jalan memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan pertumbuhan baik lokal maupun nasional. Di dalam penulisan laporan akhir ini, penulis ingin mengetahui bagaimana metode perencanaan geometrik dan tebal perkerasan yang baik pada Jalan Peninggalan – Sungai Lilin Provinsi Sumatera Selatan, sehingga jalan yang akan dilalui dapat memberikan rasa aman, nyaman, dan ekonomis bagi pengguna jalan. Dalam perencanaan jalan ini penulis mendesain perencanaan berdasarkan klasifikasi kelas jalan, beban lalu lintas, data tanah sebagai pendukung dan peta kontur daerah. Di dalam merencanakan desain geometrik jalan raya, hal–hal yang menjadi acuan dalam perencanaan meliputi perhitungan alinyemen horizontal, alinyemen vertikal, kelas jalan, serta menetapan perkerasan apa yang digunakan. Dari hasil perhitungan – perhitungan maka Jalan Peninggalan – Sungai Lilin Provinsi Sumatera Selatan ini merupakan jalan Arteri Kelas 1 dengan kecepatan rencana 80 km/jam, terdapat 4 lajur 2 arah dengan lebar jalan 2 x 7 m, dan lebar bahu jalan 2,5 m. Pada jalan ini menggunakan 4 buah tikungan diantaranya, 1 Spiral Cicle Spiral, 2 Full Circle dan 1 Spiral - Spiral. Lapis permukaan jalan menggunakan Lalaston AC-WC dengan tebal 4 cm, AC-BC dengan tebal 6 cm, dan AC Base dengan tebal 12,5 cm. Untuk lapis pondasi atas mengunakan batu pecah kelas A dengan tebal 15 cm dan CTB dengan tebal 15 cm. Dan pembangunan ruas jalan ini dilaksanakan dalam waktu 219 hari kerja dengan total biaya pelaksanaan Rp 102.881.650.000,00- (Seratus Dua Milyar Delapan Ratus Delapan Puluh Satu Juta Enam Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Alinyemen Horizontal, Alinyemen Vertikal, Tebal Pekerasan, Biaya Pelaksanaan |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Civil Engineering > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Mr M. Tommy Trianda |
Date Deposited: | 06 Jun 2023 16:36 |
Last Modified: | 06 Jun 2023 16:36 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/13823 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |