PERANCANGAN GEOMETRIK JALAN DAN TEBAL PERKERASAN LENTUR PADA PEMBANGUNAN RUAS JALAN PENINGGALAN – SUNGAI LILIN PROVINSI SUMATERA SELATAN STA 113+387 -118+957

Fahri, Muhammad Algi and Khatami, Muhammad and Cahyadi, Yusuf (2022) PERANCANGAN GEOMETRIK JALAN DAN TEBAL PERKERASAN LENTUR PADA PEMBANGUNAN RUAS JALAN PENINGGALAN – SUNGAI LILIN PROVINSI SUMATERA SELATAN STA 113+387 -118+957. Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text (Cover)
file 1.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
file 2 ( bab 1).pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
file 3 ( bab 2).pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB III PERHITUNGAN GEOMETRIK DAN PERKERASAN)
file 4 ( bab 3).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV MANAJEMEN PROYEK)
file 5 ( bab 4).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (917kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
file 6 ( bab 5).pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
file 7 ( Daftar Pustaka).pdf

Download (54kB) | Preview

Abstract

Jalan memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan pertumbuhan baik lokal maupun nasional. Di dalam penulisan laporan akhir ini, penulis ingin mengetahui bagaimana metode perencanaan geometrik dan tebal perkerasan yang baik pada Jalan Peninggalan – Sungai Lilin Provinsi Sumatera Selatan, sehingga jalan yang akan dilalui dapat memberikan rasa aman, nyaman, dan ekonomis bagi pengguna jalan. Dalam perencanaan jalan ini penulis mendesain perencanaan berdasarkan klasifikasi kelas jalan, beban lalu lintas, data tanah sebagai pendukung dan peta kontur daerah. Di dalam merencanakan desain geometrik jalan raya, hal–hal yang menjadi acuan dalam perencanaan meliputi perhitungan alinyemen horizontal, alinyemen vertikal, kelas jalan, serta menetapan perkerasan apa yang digunakan. Dari hasil perhitungan – perhitungan maka Jalan Peninggalan – Sungai Lilin Provinsi Sumatera Selatan ini merupakan jalan Arteri Kelas 1 dengan kecepatan rencana 80 km/jam, terdapat 4 lajur 2 arah dengan lebar jalan 2 x 7 m, dan lebar bahu jalan 2,5 m. Pada jalan ini menggunakan 4 buah tikungan diantaranya, 1 Spiral Cicle Spiral, 2 Full Circle dan 1 Spiral - Spiral. Lapis permukaan jalan menggunakan Lalaston AC-WC dengan tebal 4 cm, AC-BC dengan tebal 6 cm, dan AC Base dengan tebal 12,5 cm. Untuk lapis pondasi atas mengunakan batu pecah kelas A dengan tebal 15 cm dan CTB dengan tebal 15 cm. Dan pembangunan ruas jalan ini dilaksanakan dalam waktu 219 hari kerja dengan total biaya pelaksanaan Rp 102.881.650.000,00- (Seratus Dua Milyar Delapan Ratus Delapan Puluh Satu Juta Enam Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Alinyemen Horizontal, Alinyemen Vertikal, Tebal Pekerasan, Biaya Pelaksanaan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Civil Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr M. Tommy Trianda
Date Deposited: 06 Jun 2023 16:36
Last Modified: 06 Jun 2023 16:36
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/13823

Actions (login required)

View Item View Item