Ningsih, Ikhsania Irna (2023) PENGARUH PENAMBAHAN LATEKS TERHADAP CAMPURAN ASPAL DAN FLY ASH SEBAGAI FILLER PADA LAPIS ASPHALT CONCRETE - WEARING COURSE (AC-WC). Other thesis, UPT PERPUSTAKANPOLSRI.
|
Text
COVER-ABSTRAK.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
BAB II.pdf Download (590kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (445kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV HASIL PENGUJIAN DAN PEMBAHASAN)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Seiring berjalannya waktu, konstruksi jalan terus berkembang dan bahan perkerasan jalan juga terus mengalami perkembangan. Lapis permukaan jalan harus mampu menahan tekanan roda kendaraan terberat dan tahan terhadap perubahan kondisi dan lingkungan di sekitarnya, maka diperlukan kualitas perencanaan campuran perkerasan jalan yang baik. Karet alam (lateks) sebagai zat aditif diharapkan mampu meningkatkan karakteristik dari perkerasan jalan seperti stabilitas, sedangkan abu terbang dari batu bara mengandung unsur pozzolan yang berfungsi sebagai bahan pengisi rongga, penambahan bahan tambah lateks dan penggunaan abu terbang (fly ash) sebagai filler dengan harapan dapat menghasilkan lapisan perkerasan Asphalt Concrete - Wearing Course (AC-WC) yang lebih baik baik dan meningkatkan umur rencana pelayanan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental yang dilakukan di Laboratorium Bahan Politeknik Negeri Sriwijaya. Pada penelitian ini menggunakan variasi kadar aspal 5%, 6%, dan 7%, kadar filler 6% dan variasi kadar lateks 8%; 8,5%; 9%. Berdasarkan hasil pengujian Marshall dengan variasi kadar aspal 5%; 6%; dan 7%, didapatkan nilai Kadar Aspal Optimum (KAO) yaitu 6,75%. Kadar lateks paling optimum dan memenuhi seluruh standar Spesifikasi Umum Bina Marga 2018 pada kadar aspal KAO 6,75% dengan kadar lateks 9% dengan nilai stabilitas sebesar 2239,51 kg, nilai flow sebesar 3,86 mm, nilai VIM sebesar 4,31%, nilai VFA sebesar 74,96%, nilai VMA sebesar 16,81%, dan nilai Marshall Quotient sebesar 580,29 kg/mm. Pengujian menggunakan bahan tambah lateks dan fly ash dapat meningkatkan nilai karakteristik Marshall sehingga penggunaan lateks dan fly ash layak digunakan sebagai campuran pada lapis Asphalt Concrete Wearing Course (AC-WC).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aspal, Lateks, Fly ash, Jalan |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Civil Engineering > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Mr Bambang Anthony |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 02:45 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 02:45 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/15526 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |